Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 Juni 2018 | 20:23 WIB
 

Belum Juga Periksa Zumi Zola, Ini Alasan KPK

Oleh : Ivan Sethyadi | Rabu, 7 Maret 2018 | 09:39 WIB
Belum Juga Periksa Zumi Zola, Ini Alasan KPK
Juru Bicara KPK Febri Dianysah - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Sejak ditetapkan sebagai tersangka pada awal Februari lalu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak kunjung melakukan pemeriksaan terhadap Gubernur Jambi Zumi Zola.

Hingga kini, Zumi tetap menjabat sebagai gubernur dan masih aktif menjalankan tugas sebagai gubernur.

Juru Bicara KPK Febri Dianysah beralasan, belum adanya pemanggilan tersangka kepada Zumi lantaran pihaknya masih mencari jejak korupsi sang gubernur yang tampaknya melebar dari sekedar penerima suap.

"Dalam kasus gratifikasi kan dugaan peran ZZ adalah menerima sejumlah gratifikasi terkait dengan jabatannya. Sedangkan dalam kasus pertama yang kita uraikan sejauh mana peran dari gubernur pada saat itu terkait proses pemberian dan pembicaraan-pembicaraan," katanya kepada wartawan, Rabu (7/3/2018).

Selain itu, KPK juga mencermati perkembangan informasi yang muncul dalam persidangan tersangka lain dalam kasus dugaan suap pembahasan APBD Jambi. Sebab, Zumi dijadikan tersangka atas pengembangan kasus uang ketok APBD Jambi.

"Kita harapkan nanti fakta persidangan kalau sudah terungkap maka akan lebih terang kasus ini," ungkapnya.

Febri menjelaskan, ada beberapa aspek yang menjadi perhatian penyidik guna mengungkap keterlibatan Zumi Zola tidak hanya soal fee izin proyek-proyek di Jambi.

"Dua kasus ini memang memiliki irisan. Kasus suapnya, pembahasan RAPBD, dan juga dugaan gratifikasinya. Kami menyisir irisan tersebut. Jadi apakah ada sejumlah uang yang diduga dikumpulkan lebih dahulu kemudian diterima oleh para tersangka, dan juga kaitannya pemberian uang pada sejumlah anggota DPRD," bebernya.

Zumi sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka dugaan penerimaan gratifikasi atau suap Rp6 miliar terkait proyek-proyek di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi 2014-2017.

Zumi dijadikan tersangka bersama dengan anak buahnya, Pelaksana tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemprov Jambi, Afran.

Zola dan Arfan disangka melanggar Pasal 12 B atau Pasal 11 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. [rok]

Tags

Komentar

 
x