Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 16 Oktober 2018 | 09:57 WIB

Jokowi Minta Laporan Persiapan Asian Games

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Selasa, 6 Maret 2018 | 16:42 WIB

Berita Terkait

Jokowi Minta Laporan Persiapan Asian Games
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menggelar rapat terbatas terkait perkembangan persiapan Asian Games XVIII tahun 2018 di Istana Merdeka, Jakarta pada Selasa (6/3/2018).

"Sore ini kita kembali bahas persiapan Asian Games 2018. Catatan saya, ini rapat yang ke-delapan dan sisa waktu yang kita punya tinggal enam bulan," kata Jokowi di Istana Merdeka.

Menurut dia, sebagai tuan rumah tentu harus mempersiapkan secara maksimal dan baik dalam perhelatan dunia olah raga antar Negara Asia di Indonesia.

"Sebagai tuan rumah, kita harus segera siap 100 persen," ujarnya.

Untuk itu, Jokowi menekankan beberapa hal yang harus diperhatikan demi suksesnya pelaksanaan Asian Games 2018 di Indonesia antara lain soal pembangunan venue yang harus dilaporkan perkembangannya.

"Nanti diminta laporannya, berapa venue yang sudah selesai dan berapa yang masih dalam tugas konstruksi, dalam lelang atau proses sewa. Kemudian, untuk wisma atlet sudah selesai berapa dan masih kurang berapa," jelas dia.

Kemudian, kata Jokowi, soal kesiapan teknis pelaksanaan juga harus disusun secara rinci dan detail mulai dari pembukaan, pertandingan hingga sampai di penutupan.

Sebab, persiapan teknis bukan hanya sifatnya kegiatan seremonial tapi juga pengalihan arus lalu lintas, konsumsi, akomodasi, pergerakan para atlet, official, persiapan tenaga-tenaga pendukung.

"Dihitung, kalkulasi disiapkan secara matang termasuk skenario-skenario alternatif yang diperlukan. Saya kira ini harus betul-betul dilihat di lapangan secara detail, jangan sampai ada yang tercecer satu pun," katanya.

Terakhir, Jokowi berharap pelaksanaan Asian Games 2018 disini bukan hanya sukses sebaga tuan rumah saja. Namun, para atlet Indonesia harus mendapatkan berbagai prestasi dari cabang olah raga yang dilombakan.

"Mengenai persiapan atlet kita bukan sekedar ingin sukses sebagai tuan rumah, tapi juga sukses dalam prestasi. Oleh sebab itu, ini catatan kita semuanya dalam persiapan menuju Asian Games 2018," tandasnya. [ton]

Komentar

Embed Widget
x