Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 20 Juni 2018 | 16:29 WIB
 

Tak Lolos, Partai Idaman Siap Gugat KPU ke PTUN

Oleh : Agus Irawan | Selasa, 6 Maret 2018 | 13:11 WIB
Tak Lolos, Partai Idaman Siap Gugat KPU ke PTUN
Logo Partai Idaman - (Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Setelah gugatan sebagai peserta Pemilu 2019 ditolak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Partai Idaman akan melanjutkan gugatan tersebut ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

"Langkah ke depan UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, kalau sudah diputuskam Bawaslu kita ada upaya hukum untuk melanjutkan ke PTUN kan final," kata Sekjen Partai Idaman, Ramdhansyah saat dikonfirmasi INILAHCOM, Jakarta, Selasa (6/3/2018).

Ramdan menyebut, partainya seharusnya dapat mengikuti tahapan verifikasi peserta Pemilu 2019. Karena sesuai pada Peraturan KPU (PKPU) No 6 Tahun 2018 tentang proses Pemilu yang menyatakan partai yang bisa di verifikasi adalah yang lolos pendaftaran.

"Kami melandasi PKPU No 6 Pasal 17 yang menyatakan mereka dapat diverifikasi merupakan parpol yang sudah mendaftar atau yang menerima pendaftaraannya," ujarnya.

Menurut dia pada Oktober 2017 lalu, pihaknya telah menerima tanda terima pendaftaran dari KPU dan Bawaslu dalam putusan Bawaslu terkait pelanggaran dan dinyatakan pendaftaran diterima.

"Harusnya dengan tanda terima yang kami dapat, Partai kami layak untuk diverifikasi," ungkapnya.

Ia menambahkan berdasarkan UU Pemilu, parpol diberikan waktu lima hari untuk mengajukan gugatan ke PTUN.

"Lima hari setelah pembacaan putusan, maka kita gugat ke PTUN dan dalam waktunya hanya 21 hari," paparnya.

Diketahui, Bawaslu telah memutuskan menolak gugatan Partai Idaman dalam sidang gugatan peserta Pemilu 2019 karena tidak memenuhi syarat adminitrasi. Sehingga partai Idaman tidak dapat mengikuti tahapan verifikasi yang menjadi syarat menjadi peserta Pemilu. [ton]

Komentar

 
x