Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Juli 2018 | 00:36 WIB
 

Pejabat Tertangkap Korupsi Dipastikan Diproses

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Senin, 5 Maret 2018 | 21:32 WIB
Pejabat Tertangkap Korupsi Dipastikan Diproses
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengatakan tidak ada usulan uang yang dikembalikan oleh pejabat negara dalam dugaan tindak pidana korupsi itu selesai proses hukumnya.

"Tidak ada mengembalikan. Mengembalikan tetapi aspek pidananya tetap jalan. Tidak (diampuni)," kata Tjahjo di Istana Negara, Senin (5/3/2018).

Menurut dia, banyak pertanyaan dari teman-teman di daerah ini diskresi kebijakannya bagaimana. Ia mencontohkan Gunung Agung. Menurut dia, Gunung Agung itu hanya perlu Rp1,5 miliar satu hari untuk beli beras pengungsi.

"Tapi untuk mengeluarkan Rp1,5 miliar itu harus mengumumkan daerah dalam keadaan darurat. Kalau dalam keadaan darurat, ruginya Rp2,5 triliun per dua setengah hari," ujarnya.

Maka, kata Tjahjo, bagaimana jangan sampai ada Pemerintah Daerah (Pemda) yang punya uang bisa mengeluarkan tanpa melanggar hukum. Kemudian, contoh lain kemarin bencana longsor di Brebes, Jawa Tengah.

"Harus diumumkan daerah dalam keadaan gawat darurat, ya kan repot. Padahal kan tidak perlu itu. Tapi kalau tidak diumumkan begitu, masuklah nanti ke kejaksaan, masuklah entah ke kepolisian. Intinya, hanya masalah-masalah itu saja. Tapi kalau orang yang korupsi OTT, ya tetap diproses," tandasnya. [ton]

Komentar

x