Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 21 September 2018 | 12:09 WIB

Pencuri Kotak Amal Masjid Mojokerto Terekam CCTV

Sabtu, 3 Maret 2018 | 14:02 WIB

Berita Terkait

Pencuri Kotak Amal Masjid Mojokerto Terekam CCTV
(Foto: Beritajatim)

INILAHCOM, Mojokerto - Aksi nekat pelaku pencurian kotak amal masjid di Kota Mojokerto ini terekam kamera CCTV dan diunggah di media sosial (medsos) Facebook (FB). Aksi ini terjadi Masjid Al Mujahidin Lingkungan Cinde Baru, Kelurahan Prajuritkulon, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto.

Aksi pencurian kotak amal tersebut terjadi pada, Kamis (1/3/2018) dini. Dalam video tersebut, kawanan pencuri merusak jendela masjid demi menggasak dua kotak amal yang ada di dalam masjid. Dalam rekaman CCTV berdurasi 22 menit itu, terlihat dua pelaku memasuki area masjid.

Para pelaku memanjat pintu gerbang masjid sekitar pukul 02.30 dan 15 menit kemudian, para pelaku berhasil menggondol dua kotak amal masjid. Ada tiga pelaki, masing-masing pelaki berbagi peran. Dua orang sebagai eksekutor, sedangkan satu pelaku lain membantu mengamankan situasi.

Meski berhasil terekam kamera CCTV, namun tak terlihat jelas wajah pelaku karena menggunakan jaket bertudung warna merah dan biru. Dua kotak amal tersebut berhasil ditemukan pengurus masjid dalam sungai yang berada 200 meter dari masjid dengan kondisi sudah dalam keadaan rusak dan isinya habis dikuras para pelaku.

Pengurus Masjid Al Mujahidin, Sutikno Herlambang mengatakan, aksi pencurian baru diketahui saat jamaah hendak menunaikan salat subuh. "Jendela di sisi kiri masjid terbuka dan terdapat bekas congkelan dan ditemukan sebuah besi bekas rem becak," ungkapnya, Sabtu (3/3/2018).

Diduga besi bekas rem becak tersebut digunakan pelaku sebagai alat untuk mencongkel jendela. Sutik menjelaskan, aksi pembobolan di masjid tersebut tidak satu kali ini saja. Aksi ini menjadi peristiwa pencurian yang keempat kalinya di masjid tersebut dalam kurun waktu setahun terakhir.

"Meski telah dipasang kamera pengaman, masih kejadian. Sebelum ada CCTV, kita sudah kehilangan perangkat speaker dan sound system. Ada juga warga yang kehilangan sepeda ontel. Kemarin itu kotaknya ketemu tapi sudah dijebol, padahal masih terkunci. Mungkin pelakunya pakai batu untuk mengeluarkan uangnya," ujarnya.

Akibat kejadian tersebut, pengurus Masjid Al Mujahidin mengaku kehilangan uang dalam kotak amal berkisar antara Rp300 ribu sampai Rp400 ribu. Pengurus Masjid Al Mujahidin juga sudah melaporkan kejadian ini ke Polsek Prajuritkulon. Namun, sampai saat ini pelaku belum bisa diidentifikasi.[beritajatim]

Komentar

x