Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 Juni 2018 | 22:55 WIB
 

Jonru Ginting Bakal Hadapi Sidang Vonis Hari Ini

Oleh : Ivan Setyadi | Jumat, 2 Maret 2018 | 08:13 WIB
Jonru Ginting Bakal Hadapi Sidang Vonis Hari Ini
Jon Riah Ukur alias Jonru Ginting - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pengadilan Negeri Jakarta Timur hari ini (Jum'at, 2/3/2018) bakal menggelar sidang vonis terhadap Jon Riah Ukur alias Jonru Ginting.

Jonru bakal divonis atas kasus dugaan ujaran kebencian yang disebarkannya di media sosial.

Jonru Ginting ditetapkan sebagai tersangka dan langsung ditahan oleh penyidik Ditkrimsus Polda Metro Jaya pada Jumat, 29 September 2017. Jonru dilaporkan oleh Muannas Alaidid atas tuduhan ujaran kebencian karena menulis status di Facebook yang dinilai mengandung pelanggaran unsur suku, agama, ras, dan antargolongan.

Jonru Ginting didakwa berlapis. Dakwaan pertama dijerat dengan Pasal 28 ayat 2 juncto 45a ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 yang diperbarui menjadi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Jonru Ginting juga didakwa dengan Pasal 4 huruf b angka 1 juncto Pasal 16 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Diskriminasi Ras dan Etnis juncto Pasal 64 ayat 1 KUHP. Sedangkan yang ketiga, Pasal 156 KUHP juncto Pasal 64 ayat 1.

Dalam sidang tuntutan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut Jonru dengan hukuman dua tahun penjara dan denda Rp 50 juta.

Dalam pertimbangan yang memberatkan, Jaksa menilai perkara ini termasuk perkara yang menarik perhatian masyarakat, terdakwa tidak merasa bersalah, dan terdakwa tidak menyesali perbuatanya.

Sementara hal yang meringankan, Jonru adalah tulang punggung keluarga serta belum pernah dihukum sebelumnya.[van].

Komentar

 
x