Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 21 September 2018 | 12:12 WIB

Dipilih-Dipilih, Cawapres Alternatif untuk Jokowi

Oleh : Ivan Setyadi | Jumat, 2 Maret 2018 | 07:27 WIB

Berita Terkait

Dipilih-Dipilih, Cawapres Alternatif untuk Jokowi
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pasca mendapat dukungan PDI Perjuangan, Joko Widodo (Jokowi) semakin percaya diri menapak perhelatan pemilihan presiden 2019.

Dukungan PDI Perjuangan beberapa waktu lalu melengkapi sejumlah dukungan parpol yang sudah dikantongi Jokowi. Sebut saja Golkar, Hanura, PKB, PPP, Nasdem, PSI.

Kini, setelah dukungan semakin kuat, Jokowi dipusingkan dengan calon wakil presiden. Sejumlah nama mulai muncul untuk jadi pendamping Jokowi.

"Selain nama-nama yang beredar, Jokowi perlu juga mempertimbangkan sosok cawapres alternatif," kata Pengamat Komunikasi Politik Hendri Satrio kepada INILAHCOM, Kamis (1/3/2018).

Jokowi kata Hendri, membutuhkan sosok yang kuat di ekkonomi dan juga toleransi. kemudian mengerti dan paham hukum. Sebab, tantangan Jokowi sejak mencalonkan diri nanti, bakal semakin berat.

Sejumlah nama yang berpotensi menjadi cawapres Jokowi bisa jadi pertimbangan jika mengacu pada beberapa kriteria di atas.

"Ada Rizal Ramli yang memahami ekonomi kerakyatan. Abraham Samad serta Mahfud MD yang paham dibidang hukum. Atau ada aja bidang ekonomi lagi seperti Bambang Brojo dan Agus Martowardoyo," ungkapnya.

Nama lain yang mungkin masuk dan pas untuk Jokowi untuk mengamankan dua periode kepemimpinannya, kata Hendri, memang agak tak biasa.

"Kalau jokowi ingin memperkecil peluang lawan untuk menang, ambil Gatot Nurmantyo atau bahkan Anies Baswedan," sebutnya.

Daripada itu, Hendri menegaskan bahwa pemilihan cawapres Jokowi nanti, haruslah membantu tingkat keterpelihan Jokowi pada saat pemilihan.

"Saya setuju dengan ucapan JK yang harus meningkatkan elektabilitas," tandasnya.[van].

Komentar

x