Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 15 Desember 2018 | 10:48 WIB

Mendagri Ingatkan Kesejahteraan Petugas Damkar

Kamis, 1 Maret 2018 | 20:00 WIB

Berita Terkait

Mendagri Ingatkan Kesejahteraan Petugas Damkar
Mendagri Tjahjo Kumolo - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Ambon - Mendagri Tjahjo Kumolo meminta anggota DPRD dan pemerintah daerah se-Indonesia untuk memperhatikan kesejahteraan personel pemadam kebakaran (damkar).

Kesejahteraan petugas damkar, kata Tjahjo, merupakan hal yang perlu dipertimbangkan lantaran beban kerja dan risiko kerja yang dihadapi oleh mereka.

"Meminta seluruh anggota DPRD, baik di provinsi, mau pun kabupaten-kota, gubernur, bupati, walikota dalam perencanaan anggaran tolong diperhatikan tingkat kesejahteraan buat jajaran damkar," ujar Mendagri di Ambon, Maluku, Kamis (1/3/2018).

Ia menambahkan, tugas mulia yang diemban personel damkar harus mendapatkan perhatian dari pejabat daerah setempat.

Perhatian dan kesejahteraan itu mulai dari BPJS, kartu pintar, kartu sehat dan termasuk berkaitan dengan tingkat kesejahteraan lainnya.

Lebih jauh, menurutnya untuk mewujudkan perlindungan masyarakat dari ancaman dan dampak kejadian kebakaran merupakan wujud hadirnya negara dalam melindungi masyarakat.

Untuk itu, ia mengajak jajaran damkar di seluruh Indonesia untuk menyamakan persepsi menjadi pemadam kebakaran yang aktif dalam memberdayakan masyarakat.

"Bukan hanya penjaga kota yang bertindak pasif, tetapi lebih dari itu harus berperan aktif dalam setiap proses pembangunan. Kemudian mampu menggerakkan dan mengorganisir masyarakat dan berkoordinasi dengan elemen masyarakat," tandasnya. [tar]

Komentar

x