Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 21 September 2018 | 17:57 WIB

Ini Video Momen Terjadinya Longsor Brebes

Oleh : Tatzuar Amir | Kamis, 22 Februari 2018 | 19:31 WIB

Berita Terkait

Ini Video Momen Terjadinya Longsor Brebes
(Foto: Istimewa/youtube)

INILAHCOM, Jakarta - Bencana longsor yang terjadi di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes pada pukul 08:00 pagi ini menjadi sorotan utama.

Sebuah video amatir yang diambil oleh seorang warga menunjukkan momen saat terjadinya bencana.

Video berdurasi 27 detik yang diunggah oleh akun Twitter @tegaramarta menunjukkan momen mengerikan dimana tanah luruh diterjang air dan pepohonan, serta berbagai tumbuhan turut terbawa.

Terjadinya tanah longsor itu berlangsung perlahan, tetapi kemudian luruh secara serentak, menghanyutkan tanah dalam volume besar.

Terdengar pula suara reaksi dari warga sekitar yang menyaksikan terjadinya tanah longsor dalam bahasa Sunda. Desa Pasir Panjang dan Kecamatan Salem memang terletak di Brebes bagian selatan yang berbatasan langsung dengan Jawa Barat, sehingga masyarakatnya berbahasa Sunda.

Hingga artikel ini ditulis, terdapat 5 korban tewas akibat tertimpa tanah longsor dan 18 orang yang hilang dan diduga tertimbun. Jumlah ini melonjak dari yang sebelumnya dilaporkan yakni 11 orang.

Terdapat pula 14 orang yang menderita luka-luka dan berhasil dievakuasi akibat longsor di Desa Pasir Panjang. Para korban merupakan petani yang saat kejadian tanah longsor terjadi tengah menggarap tanah.

Padahal areal tempat terjadinya longsor merupakan kawasan hutan lindung yang dilarang untuk kegiatan cocok tanam.[jat]

Komentar

x