Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 21 Mei 2018 | 23:56 WIB
 

Mantan Pejabat Bakamla Dituntut Lima Tahun Penjara

Oleh : Ivan Sethyadi | Rabu, 21 Februari 2018 | 13:45 WIB
Mantan Pejabat Bakamla Dituntut Lima Tahun Penjara
Mantan Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Badan Keamanan Laut (Bakamla) Nofel Hasan

INILAHCOM, Jakarta - Mantan Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Badan Keamanan Laut (Bakamla) Nofel Hasan dituntut hukuman lima tahun denda Rp 200 juta subsider tiga bulan kurungan.

Menurut jaksa, perbuatan Nofel tak mendukung upaya pemerintah yang tengah giat memberantas tindak pidana korupsi. Namun Nofel dianggap sopan, belum pernah dihukum dan memiliki tanggungan keluarga.

"Bahwa terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan korupsi secara bersama-sama," ujar Jaksa Kiki Ahmad di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (21/2/2018).

Hal yang meringankan tuntutan Nofel lainnya yakni, Nofel mengembalikan kerugian negara atas kasus dugaan suap pengadaan satelit monitoring di Bakamla. Nofel mengembalikan uang sebesar SGD 104.500.

Nofel didakwa telah menerima SGD 104.500 atau sekitar Rp 1,045 miliar terkait kasus pengadaan satelit monitoring di Bakamla. Uang tersebut diterima Nofel dari Fahmi Darmawansyah.

Penerimaan terhadap Nofel juga berbarengan dengan penerimaan terhadap Eko Susilo Hadi dan Bambang Udoyo. Nofel juga disebut telah menyusun dan mengajukan anggaran pengadaan satelit monitoring Bakamla pada APBNP 2016. Juga mempersiapkan dan mengusahakan pembukaan tanda bintang pada anggaran pengadaan drone. [rok]

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x