Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 Juni 2018 | 12:11 WIB
 

Bamsoet Tegaskan Revisi UU MD3 Tak Bungkam Pers

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Selasa, 20 Februari 2018 | 22:15 WIB
Bamsoet Tegaskan Revisi UU MD3 Tak Bungkam Pers
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) bersilaturahim ke Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Selasa (20/2/2018).

Plt Ketua Umum PWI, Sasongko Tedjo mengharapkan kepada seluruh anggota legislatif melibatkan insan pers dalam pembahasan rancangan undang-undang (RUU) di parlemen terutama soal UU MD3.

"Silaturahim ini merupakan suatu langkah baik, tadi banyak masukan dari rekan-rekan PWI terkait dengan UU MD3. Kedepannya, kita berharap DPR bisa melibatkan insan pers dalam pembahasan RUU," katanya di Jakarta, Selasa (20/2/2018).

Sementara Ketua DPR, Bambang Soesatyo menjamin kalau UU MD3 tidak akan memberangus kebebasan pers. Menurutnya, informasi yang beredar bahwa UU MD3 membatasi ruang gerak rakyat maupun pers mengawasi dan kritik terhadap DPR itu tidak benar.

"Saya menjamin dan pasang badan, kebebasan pers tetap terjaga di DPR. Saya juga yakin wartawan di DPR sudah lulus kompetensi sehingga menjunjung tinggi kode etik," ujarnya.

Anggota Fraksi Partai Golkar ini bahkan mempersilahkan kepada insan pers untuk lebih kritis kepada DPR dengan tujuan membangun parlemen yang lebih baik lagi.

Di samping itu, Bamsoet menyadari masih banyak pro dan kontra di kalangan masyarakat terkait pengesahan UU MD3.

"Sehingga, mempersilakan bagi yang ingin menggugat UU MD3 ke Mahkamah Konstitusi.

Menggugat sebuah UU ke MK adalah hak masyarakat yang dijamin oleh hukum termasuk insan pers. Saya hormati dan persilakan bagi yang ingin menggugat UU MD3. Apapun putusan MK, DPR akan taat hukum dan taat asas," tandasnya.

Tags

Komentar

 
x