Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 19 Oktober 2018 | 04:32 WIB

Moeldoko juga Sampaikan RKUHP ke Dubes AS

Oleh : Ray Muhammad | Senin, 19 Februari 2018 | 14:49 WIB

Berita Terkait

Moeldoko juga Sampaikan RKUHP ke Dubes AS
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menceritakan soal pembahasan tentang Rancangan KUHP di DPR yang belakangan menjadi sorotan publik kepada Duta Besar Amerika Serikat Joseph Donovan.

Moeldoko menjelaskan bahwa KUHP yang sekarang berlaku di dalam sistem hukum di Indonesia bisa dikatakan ada sebagiannya yang tidak lagi relevan dengan perkembangan zaman.

"KUHP itu sudah ada sejak zaman Belanda, sementara perkembangan di masyarakat sudah sangat modern dan berbeda dengan situasi dan kondisi ketika KUHP itu dibuat," kata Moeldoko di Gedung Bina Graha, Jakarta Pusat, Senin (19/2/2018).

Sementara itu, Donovan mengatakan isu di Indonesia yang saat ini menjadi sorotan di negaranya ialah perlindungan terhadap kelompok-kelompok minoritas dan rentan sangat dibutuhkan.

Adapun belakangan ini, isu minoritas beriringan dengan RKUHP di tanah air. Isu minoritas yang diangkat ialah mengenai perlindungan terhadap kelompok LGBT di Indonesia.

Menyikapi hal ini, Moeldoko menilai untuk mendorong kemajuan sebuah bangsa, isu soal mayoritas dan minoritas tak lagi relevan. Saat ini, hal yang paling diperlukan adalah kompetensi atau keahlian masyarakatnya.

"Pandangan yang dikotomis seperti itu justru tidak akan membuat kita tidak dapat berbuat sesuatu lebih efektif. Oleh karena itu, kita tidak perlu lagi mengembangkan pemikiran-pemikiran yang mendikotomi seperti itu," kata mantan Panglima TNI ini. [fad]

Komentar

Embed Widget
x