Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 16 Desember 2018 | 05:14 WIB

Penting, Cawapres Jokowi Berlatar Belakang Santri

Oleh : Ivan Setyadi | Minggu, 18 Februari 2018 | 07:51 WIB

Berita Terkait

Penting, Cawapres Jokowi Berlatar Belakang Santri
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pengamat Komunikasi Politik Emrus Sihombing menilai penting bagi Joko Widodo untuk menggandeng calon wakil presiden yang memiliki latar belakang santri.

Hal itu disampaikan Emrus menanggapi kemungkinan duet Jokowi-Prabowo dalam skema pertarungan pemilihan presiden 2019 mendatang.

"Sebab kenapa (pesantren), selama ini Jokowi selalau diserang oleh setidaknya tiga isu penting yakni komunis, pro cina, dan anti islam," katanya kepada INILAHCOM, Sabtu (17/2/2018).

Cawapres Jokowi, harus bisa membantu menangkal tiga isu negatif di atas yang mungkin akan kembali di pakai di pilpres 2019 mendatang.

"Walaupun kita semua tahu tidak ada satu isu pun yang terbukti," tegasnya.

Emrus melihat banyak kemungkinan nama calon cawapres dilar prediksi Indo Barometer yang menempatkan Prabowo berdampingan dengan Jokowi.

"Santri yang moderat dan nasionalis diantaranya ada Ketua Umum PKB, Ketua Umum PPP, dan Tuan Guru Bajang dari NTB. Itu beberapa nama yang bisa dijadikan opsi," ungkapnya.

Kemungkinan lain yang dilihat Emrus dari posisi cawapres Jokowi kelak, bisa dijadikan batu loncatan setelah Jokowi selesai memimpin dua periode.

"Bisa saja cawapresnya nanti jadi capres setelah Jokowi selesai. Sehingga sudah punya pengalaman berada di posisi teratas pemerintahan," tandasnya.

Komentar

Embed Widget
x