Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 Juni 2018 | 21:47 WIB
 

NasDem Tegaskan DPR Bukan Lembaga Hukum

Oleh : Willi Nafie | Sabtu, 17 Februari 2018 | 18:30 WIB
NasDem Tegaskan DPR Bukan Lembaga Hukum
Wakil Ketua Fraksi Partai Nasdem Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Irma Suryani Chaniago - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua Fraksi Partai Nasdem Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Irma Suryani Chaniago menilai DPR bertugas melakukan pengawasan anggaran legislasi maupun pengawasan kepada pemerintah.

Hal ini disampaikan Irma menyusul pengesahan Undang Undang tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3).

"DPR itu melakukan pengawasan kepada pemerintah bukan menjadi lembaga hukum. Apa lagi kemudian di pasal itu menyatakan bahwa siapa pun yang menghina DPR bisa diperkarakan bisa diseret di pengadilan dan dilaporkan kepada pihak yang berwajib," kata Irma, Sabtu (17/2/2018).

Menurut dia, semestinya bila anggota DPR ingin menjaga martabatnya maka legislatif harus menjaga kinerja dan perilakunya. Sehingga tak dikritik oleh rakyat.

"Untuk dihormati apa yang harus kita kerjakan? Kerja baik tidak melakukan hal-hal di luar tupoksi seperti bermain anggaran, enggak korupsi, tidak bolos terus di komisi. Jadi kehormatan itu ada pada diri kita sendiri," tandasnya.

Pengesahan UU MD3 memantik kontroversi dari publik. Lantaran ada beberapa pasal tambahan yang dinilai berlebihan. Seperti pasal penghinaan terhadap anggota DPR yang tertuang dalam pasal 122 huruf K.

Kemudian pasal 73 mewajibkan Polri menjemput paksa seseorang atau lembaga pemerintah yang dipanggil DPR. Lalu pasal 245, mewajibkan aparat penegak hukum untuk meminta pendapat MKD jika ingin memanggil anggota DPR terkait pidana. [ton]

Komentar

 
x