Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Juli 2018 | 18:24 WIB

Tak Lolos Pemilu 2019, PKPI Berencana Gugat KPU

Oleh : Agus Irawan | Sabtu, 17 Februari 2018 | 16:16 WIB
Tak Lolos Pemilu 2019, PKPI Berencana Gugat KPU
Ketua Umum PKPI jendeal Purnawirawan Abdullah Mahmud Hendropriyono - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Partai Persatuan dan Persatuan Indonesia (PKPI) berencana akan menggugat keputusan KPU yang tidak meloloskan partai itu sebagai peserta Pemilu 2019.

"Kami sedang mengajukan sengketa ke Bawaslu RI karena kesimpulan KPU bahwa PKPI tidak memenuhi syarat tidaklah tepat. Kami mencatat ada beberapa KPU di daerah yang melalukan verifikasi faktual secara todak profesional," kata Ketua Umum PKPI jendeal Purnawirawan Abdullah Mahmud Hendropriyono dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (17/2/2018).

PKPI menghargai kerja keras KPU RI sebagai penyelenggara Pemilu 2019, namun sayangnya kerja keras itu tidak dibarengi oleh kerja profesional aparatur KPU di beberapa daerah, sehingga merugikan PKPI.

"Maka beberapa hari sebelum KPU RI mengumumkan peserta Pemilu 2019 , PKPI sudah menyampaikan surat resm ke Bawaslu RI bahwa terdapat pelaksanaan verifikasi faktual yang menyimpang atau bertentangan dengan ketentuan peraturan perundangan," ujarnya.

Hendropiyono menjelaskan, pada tanggal 14 Februari 2018 PKPI telah resmi menyampaikan surat pengajuan segketa Pemilu 2019 ke Bawaslu RI beserta lampiran bukti-bukti. PKPI telah memperoleh tanda terima pendaftaran dari Bawaslu dengan nomor 009/PS.PNM/II/2018.

"Mengapa kami ajukan surat ke Bawaslu sebelum KPU memutuskan parpol peserta Pemilu 2019 dengan maksud agar KPU tidak mengambil keputusan yang salah," ungkapnya.

"Bagi kami kepastian menjadi peserta Pemilu ini sangat penting karena di belakang kami ada jutaan pendukung dan simpatisan PKPI. Kami memiliki lebih dari 400 anggota DPRD yang tersebar hampir di semua provinsi, kabupaten, dan kota di seluruh Indonesia," tambahnya.

PKPI tidak sendiri, Partai Bulan Bintang (PBB) juga dinyatakan tidak lolos sebagai peserta Pemilu 2019. KPU dalam keputusannya hanya meloloskan 14 partai Politik dalam Pemilu 2019 mendatang. [fad]

Komentar

x