Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 20 Juni 2018 | 16:31 WIB
 

Zumi Zola Penuhi Panggilan KPK

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Kamis, 15 Februari 2018 | 11:54 WIB
Zumi Zola Penuhi Panggilan KPK
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur Jambi, Zumi Zola memenuhi panggilan penyidik KPK untuk diperiksa sebagai tersangka kasus penerimaan gratifikasi terkait proyek-proyek di lingkungn Pemprov Jambi pada Kamis (15/2/2018).

Zumi Zola memakai baju kemeja batik, namun kader Partai Amanat Nasional (PAN) ini tidak mau memberikan keterangan terkait kedatangannya ke Gedung KPK. Karena, Zumi Zola mau menghadap penyidik KPK dulu untuk memberikan keterangan.

"Masuk dulu ya, nanti dulu," kata Zumi Zola.

Selain memeriksa Zumi, penyidik KPK juga memanggil seorang pihak swasta bernama Oscar M Akhir sebagai saksi untuk tersangka Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Jambi, Irfan.

Zumi bersama Arfan ditetapkan sebagai tersangka penerima hadiah atau janji terkait proyek-proyek di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi sejumlah Rp6 miliar, pada Rabu 24 Januari 2018.

Uang sebesar Rp6 miliar itu kemudian digunakan sebagai 'uang ketok palu' untuk anggota DPRD Jambi. Uang diberikan agar anggota DPRD Jambi mengesahkan rancangan APBD Jambi tahun anggaran 2018.

Selang sehari setelah surat perintah penyidikan atas nama Zumi diteken, KPK mengirimkan surat pencegahan ke Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. Orang nomor satu di Jambi itu dicegah berpergian ke luar negeri untuk enam bulan ke depan.

KPK juga telah menyita sejumlah dokumen dan uang dalam pecahan rupiah dan dolar Amerika Serikat dari kegiatan penggeledahan di tiga lokasi, yaitu Rumah Dinas Gubernur Jambi, Villa milik Zumi, dan rumah milik saksi di Kota Jambi. [ton]

Komentar

 
x