Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 12 Desember 2018 | 16:01 WIB

OTT Malang, Kades Siswanto Minta Uang Rp140 Juta

Kamis, 15 Februari 2018 | 09:32 WIB

Berita Terkait

OTT Malang, Kades Siswanto Minta Uang Rp140 Juta
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Malang - Kepala Desa Kalisongo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Siswanto (48) resmi ditetapkan tersangka dan dijebloskan ke tahanan setelah terjaring operasi tangkap tangan (OTT) oleh Tim Saber Pungli Mabes Polri dan Polres Malang.

"Kita tetapkan sebagai tersangka. Kita terbitkan surat perintah penahanan," tegas Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung.

Menurut dia, sudah 3 orang saksi diperiksa atas kasus tersebut. Mulai dari pemberi uang hingga perangkat desa setempat.

Penangkapan Kades Kalisongo berawal dari informasi permintaan sejumlah uang yang diterima Tim Saber Pungli Mabes Polri. Setelah dilakukan penyelidikan dan kerjasama, tim Saber Mabes Polri dan Polres Malang bergerak melakukan pengumpulan barang bukti dan keterangan.

"Setelah pengumpulan bahan lengkap dan kita temukan korban yang dimintai uang, yang bersangkutan kita tangkap di Balai Desa setelah menerima uang sebesar Rp7,5 juta. Selain uang, bukti yang mengarah meminta uang ada di ponsel, kita sita juga ponselnya," jelas Ujung.

Ujung melanjutkan, ada tiga termin penyerahan uang dari korban yang diterima tersangka. Kades juga dengan cukup bombastis meminta uang sebesar Rp140 juta untuk pengurusan IMB dan IPPT.

"Nilainya lumayan bombastis, Kades minta uang Rp140 juta. Tapi baru diberi tiga kali. Penyerahan termin pertama sebesar Rp10 juta, termin kedua Rp10 juta dan penyerahan terakhir Rp7,5 juta lalu kita tangkap," katanya.

Uang tersebut, diminta tersangka pada satu orang saja. "Tiga termin penyerahan itu dari satu orang saja. Nanti kita dalami apakah ada korban lain yang juga dimintai uang oleh tersangka," pungkasnya. [beritajatim]

Komentar

Embed Widget
x