Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 22 Mei 2018 | 03:18 WIB
 

Dana Kampanye Awal Pasangan RINDU Rp2,2 M

Oleh : Ajat M Fajar | Rabu, 14 Februari 2018 | 23:03 WIB
Dana Kampanye Awal Pasangan RINDU Rp2,2 M
Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Bandung - Ketua Tim Pemenangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (RINDU), Saan Mustopa dan wakil Ketua Tim Pemenangan Arfi Rafnialdi menyerahkan berkas Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) ke KPUD Provinsi Jabar hari ini. Nilai total dana yang dilaporkan Rp2,2 miliar.

"Hari ini kita serahkan LADK RINDU dan nomor rekeningnya. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan dana kampanye yang transparan dan bisa dipertanggungjawabkan," kata Saan yang juga Ketua DPW Partai NasDem, di Bandung, Rabu (14/2/2018).

Menurut dia, dana yang dilaporkan tersebut berdasarkan pengumpulan dana mulai 2-12 Februari 2018.

Saan menjelaskan, KPU membatasi maksimal total transaksi dana kampanye yang boleh diterima oleh paslon peserta Pilkada adalah Rp473 miliar. Karenanya, pihaknya akan melaporkan pemasukan dan pengeluaran dana kampanya secara bertahap selama periode 13 Februari-27 Juni 2018.

Relawan RINDU melakukan penggalangan udunan warga atau Uwa secara online maupun offline. Melalui website: https://udunan.jabarjuara.id/#, warga bisa berpartisipasi menyumbang dana untuk kegiatan kampanye paslon RINDU.

Sedangkan warga yang ingin menyumbangkan secara offline dapat menghubungi posko atau rumah pemenangan Jabarjuara yang tersebar di 27 kabupaten/kota di Jabar.

Warga dipersilakan menyumbang mulai dari nilai terkecil 10,000. Nilai sumbangan mengacu pada Peraturan KPU No. 13 tahun 2016 tentang dana kampanye peserta Pilkada. Dalam peraturan tersebut disebutkan, dana kampanye yang berasal dari perorangan maksimal Rp75 juta, dari kelompok atau badan hukum swasta, maupun dari partai politik atau gabungan parpol maksimal Rp750 juta.

Wakil Ketua Tim Pemenangan RINDU, Arfi Rafnialdi menambahkan, dana yang dilaporkan ke KPUD berasal dari cagub, cawagub, partai pengusung, anggota dewan dan masyarakat. Nilai sumbangan mulai dari Rp10 ribu.

"Kami tersentuh, karena selain menyumbang, masyarakat juga mengirim doa dan harapannya kepada RINDU," ujar Arfi.

Hal itu terlihat di website udunan, dimana selain menyumbang, warga juga memberikan doa maupun pesan dan harapannya untuk RINDU. Misalnya, Aji Maulid yang menyumbang Rp50 ribu, berpesan,
"Bismillah, harus amanah dan Jabar lebih baik," harapnya.

Penyumbang lain, Karlina yang menyumbang Rp100 ribu menulis, "Buat Jabar juara, semangat."

Dan, Yudi Gunawan yang mentransfer Rp500 ribu menuliskan testimoninya, "Kang RK Juara,".[jat]

Komentar

 
Embed Widget

x