Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 16 Agustus 2018 | 21:49 WIB

KPK Tetapkan Fayakun Tersangka Korupsi Bakamla

Oleh : Fadhly Zikri | Rabu, 14 Februari 2018 | 20:59 WIB
KPK Tetapkan Fayakun Tersangka Korupsi Bakamla
anggota DPR dari fraksi Golkar Fayakun Andriadi - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menetapkan anggota DPR dari fraksi Golkar Fayakun Andriadi sebagai tersangka korupsi Bakamla.

KPK mengaku telah mengantongi bukti keterlibatan Fayakun dalam kasus tersebut.

"FA (Fayakun) selaku anggota DPR diduga menerima hadiah atau janji atau patut diduga diberikan untuk menggerakkan melakukan perbuatan yang bertentangan dengan kewajibannya terkait proses dalam APBNP tahun 2016 yang akan diberikan kepada Bakamla RI," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (14/2/2018).

Alex menambahkan, Fayakun berperan memuluskan anggaran untuk pengadaan anggaran satelit Bakamla dalam APBNP 2018. Saat itu Fayakun merupakan anggota Komisi I DPR.

"Fakta, alat bukti keterangan saksi, surat, barang elektronik dan fakta persidangan, FA terima fee jasa memuluskan anggaran satelit di APBNP 2016," ujarnya.

Alex melaniutkan, Ketua DPD Golkar DKI Jakarta itu juga dijanjikan akan mendapat fee dari proyek tersebut sebesar 1 persen dari nilai proyek yang diajukan. Adapun nilai proyek yang diajukan senilai Rp1.2 triliun.

"Diduga menerima 1 persen total anggaran Rp1.2 T atau 12 M dari (tersangka) FD dan MHO, sebanyak 4 kali," ujarnya.

Namun dalam realisasinya, anggaran untuk Bakamla hanya disetujui Rp400 miliar oleh DPR. "Anggaran drone mencakup satelit monitoring tapi dalam perjalanan anggaran gak seluruhnya disetujui hanya 400 M disetujui. Artinya 1 persennya bukan 12 M. Tapi mungkin udah dibayarkan di muka anggaran," ujar Alex.

Dalam kasus ini KPK juga sudah menetapkan tersangka sebelumnya. Fayakun merupakan tersangka keenam korupsi Bakamla.

"FA merupakan tersangka keenam. Sebelumnya lima orang. ESH, FD, HSE, MAO, dan MF," tandasnya. [ton]

Komentar

x