Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 Desember 2018 | 11:52 WIB

Alutsista Industri Swasta Diharap Tak Diragukan

Kamis, 15 Februari 2018 | 02:17 WIB

Berita Terkait

Alutsista Industri Swasta Diharap Tak Diragukan
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Harian Persatuan Indusrti Pertahanan Swasta Nasional (Pinhantanas), Mayjen (Purn) Jan Pieter Ate berharap negara tidak ragu dengan kemampuan produksi dan industri pertahanan swasta untuk menyediakan alat perlengkapan pertahanan keamanan dalam negeri.

"Sesungguhnya kita punya kemampuan yang harus kita gunakan supaya devisa negara bisa mengalir ke dalam negeri," kata Pieter, Rabu (14/2/2018).

Menurut dia, terbukti industri pertahanan swasta sudah mampu membuat produk seperti pesawat tanpa awak, kendaraan taktis, kapal perang hingga bom. Sehingga, bila produk alpalhankam lokal bisa diserap secara optimal oleh pengguna dalam negeri maka akan terjadi efek berantai yang dahsyat.

"Mulai dari penghematan devisa sampai perkembangan industri, kemudian penyerapan tenaga kerja dan kebutuhan TNI/Polri hasil karya anak bangsa," ujarnya.

Sementara Dewan Penasehat Pinhantanas, Connie Rahakundini Bakrie menilai peluang yang masih bisa dioptimalkan potensinya yakni bila industri pertahanan swasta diberi ruang sebagai lead integrator (pemadu utama) menghasilkan alutsista.

"Atau mengintegrasikan semua komponen utama, pendukung atau bahan baku hingga menjadi alat utama," jelasnya.

Di samping itu, kata Connie, tujuan negara mendukung industrialisasi pertahanan keamanan adalah untuk memungkinkan pembangunan kemampuan pertahanan keamanan yang berkelanjutan.

"Dengan kemandirian dalam memproduksi alat-perlengkapan militer maupun juga pemeliharaan, maka tingkat kesiapan negara kita akan semakin mantap," katanya.

Selain itu, industrialisasi pertahanan juga akan membantu pertumbuhan ekonomi menjadi poros bagi arah pengembangan inovasi dan teknologi serta meletakkan dan memperkokoh landasan bagi industri nasional.

"Industri pertahanan merupakan bagian dari sistem pertahanan negara. Pernyataan bahwa negara yang kuat diantaranya bercirikan kempampuan inovasi dan kemandirian teknologi dalam bentuk industri pertahanan yang kuat, maju dan mandiri," tandasnya. [ton]

Komentar

x