Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 16 Juli 2018 | 21:28 WIB
 

KPU Pamekasan Resmi Tetapkan Paslon Pilkada 2018

Oleh : - | Selasa, 13 Februari 2018 | 23:00 WIB
KPU Pamekasan Resmi Tetapkan Paslon Pilkada 2018
(Foto: Beritajatim)

INILAHCOM, Pamekasan - KPU Kabupaten Pamekasan resmi menetapkan dua pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati sebagai pasangan calon (paslon) untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak yang dijadwalkan akan digelar Rabu (27/6/2018) mendatang.

Kedua paslon yang bakal bersaing memperebutkan posisi bupati dan wakil bupati Pamekasan periode 2018-203 tersebut, masing-masing Badrut Tamam dan Raja'e (Berbaur) dan KH Kholilurrahman dan Fathor Rohman (Kholifah).

Keduanya merupakan paslon yang tercatat sebagai pendaftar di Kantor KPU Pamekasan di Jl Brawijaya Nomor 34, Rabu (10/1/2018) lalu.

Pasca tercatat sebagai pendaftar, beberapa hari berselang keduanya juga harus menjalani tes kesehatan selama dua hari berturut-turut di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) dr Ramelan Surabaya, yakni mulai Jum'at hingga Sabtu (12-13/1/2018).

Dalam kesempatan itu, keduanya harus menjalani tiga pemeriksaan berbeda yang dilakukan langsung oleh para dokter spesialis. Meliputi tes kesehatan fisik, psikis hingga tes bebas penyalahgunaan narkoba oleh tim Badan Narkotika Nasional (BNN).

Saat bersamaan, KPU juga melakukan pemeriksaan administrasi persyaratan kedua paslon termasuk sarat dukungan dari partai politik (parpol) pengusung.

Hingga akhirnya kedua paslon dinyatakan lolos verifikasi administrasi dan kesehatan dalam Rapat Pleno Terbuka dalam rangka penetapan balon sebagai paslon pilkada di Gedung PKP RI Jl Kemuning, Senin (12/2/2018).

Penetapan pasangan balon sebagai Paslon tersebut berdasar surat keputusan KPU Pamekasan Nomor 14/PL.03.34.KPT/2835/Kpukab/2018, tertanggal Senin (12/2/2018) kemarin. Dalam surat keputusan tersebut dua paslon resmi ditetapkan sebagai paslon bupati dan wakil bupati Pamekasan untuk pelaksanaan pilkada serentak, yakni paslon Berbaur dan paslon Kholifah.

"Jumlah paslon memang hanya dua pasang, keduanya juga sudah dinyatakan lolos seleksi administrasi dan berbagai jenis persyaratan lainnya. Sehingga kedua paslon ini kita tetapkan sebagai calon bupati dan wakil bupati Pamekasan," kata Ketua KPU Pamekasan Moh Hamzah.

Pasca ditetapkan sebagai paslon pilkada, keduanya juga harus kembali mengikuti tahapan berikutnya berupa pengundian dan pengambilan nomor urut. KPU Pamekasan sebagai penyelenggara kembali menggelar Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Pengumuman nomor urut paslon yang digelar di Gedung PKP RI Jl Kemuning, Selasa (13/2/2018). "Setelah penetapan Selanjutnya kita gelar pengundian dan pengumuman nomor urut paslon," ungkapnya.

Pada proses pengundian dan pengumuman tersebut, tampak hadir kedua paslon dari Bebaur dan Kholifah. Termasuk jajaran tim pendukung dari berbagai partai politik (parpol) hingga jajaran anggota Bawaslu Pamekasan yang ikut serta mengawasi penyelenggaraan proses pengundian dan pengumuman paslon yang akan meramaikan kontestasi pesta demokrasi lima tahunan tingkat kabupaten di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam.

Proses pengundian dan pengumuman nomor urut paslon pilkada yang digelar KPU Pamekasan terbilang cukup berbeda dibandingkan daerah lainnya, sebab sebelum proses pengundian juga digelar pembacaan yasin bersama dan dipimpin langsung oleh Ketua KPU Pamekasan Moh Hamzah.

Bahkan serimonial seperti itu terbilang cukup langka dibandingkan proses pembukaan lain dalam tahapan serupa, namun Ketua KPU Pamekasan Moh Hamzah beralasan hal itu dilakukan semata-mata demi kesuksesan dan kelancaran pelaksanaan pilkada di Pamekasan.

"Sebagai daerah yang identik dengan slogan Bumi Gerbang Salam, mari kita awali kegiatan ini dengan membaca surat yasin bersama," kata Moh Hamzah.

"Dengan kegiatan ini kami berharap pelaksanaan pilkada serentak di Pamekasan bisa berlangsung damai, sejuk dan damai. Tentunya dengan harapan dan komitmen bersama menciptakan suasana kondusif dalam pelaksanaan pesta demokrasi," harapnya.

Pengundian dimulai dengan kedua calon wakil bupati kedua paslon yang mengambil undian abjad, Raja'e memulai mengambil undian berdasar pendaftar pertama di KPU bersama pasangannya Badrut Tamam.

Ia mendapatkan undian abjad B sekaligus menjadikan pasangannya harus memulai mengambil undian angka pada giliran kedua.

Sebab pada saat itu, Fathor Rohman justru mendapatkan undian abjad A dan membuat pasangannya KH Kholilurrahman menempati giliran pertama untuk mengambil undian angka.

Hanya saja dalam proses undian angka, KH Kholilurrahman mendapatkan angka nomor 2 dan Badrut Tamam yang menjadi orang kedua dalam undian angka mendapatkan angka bernomor 1.

Dengan kondisi tersebut, KPU Pamekasan memastikan sekaligus menetapkan nomor urut paslon untuk pelaksanaan pilkada serentak 2018. Paslon Berbaur berhak atas nomor urut , sedangkan Paslon Kholifah berhak atas nomor urut 2.[beritajatim]

Komentar

x