Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 23 Februari 2018 | 07:37 WIB
 

Ini yang Prioritas Jokowi di Tahun Politik 2019

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Senin, 12 Februari 2018 | 21:11 WIB
Ini yang Prioritas Jokowi di Tahun Politik 2019
Presiden Joko Widodo - (Foto: inilahcom/Wirasatria)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro menyampaikan pembahasan Rapat Paripurna Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2019 bersama Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

"Yang dibahas mengenai RKP 2019 sebagai nanti persiapan untuk APBN 2019. Nah, tema yang kita bahas di 2019 yang merupakan tahun terakhir dalam RPJMN 2014-2019 adalah pemerataan pembangunan untuk pertumbuhan berkualitas," kata Bambang di Istana Negara, Senin (12/2/2018).

Menurut dia, ada lima prioritas nasional yang nantinya akan dijabarkan dalam program dan kegiatan nasional yakni fokus dalam pembangunan manusia sesuai harapan Presiden Jokowi.

"Di situ kita akan membahas mengenai pelayanan dasar terhadap warga negara, demikian juga upaya pengentasan kemiskinan, pengurangan ketimpangan dan ada arahan dari Presiden untuk lebih pada masalah gizi buruk. Ini menjadi prioritas nasional dan fokus pembangunan manusia," ujarnya.

Kemudian, kata Bambang, mengenai pengurangan kesenjangan antara wilayah dimana harus fokus untuk perbaikan konektivitas sehingga bisa mengurangi biaya logistik dan juga biaya logistik ini diharapkan melalui tol laut yang lebih efektif.

Ketiga, lanjut dia, penciptaan nilai tambah baik sektor pertanian, manufaktur dan sektor jasa dimana salah satu prioritas adalah bagaimana agar pertumbuhan manufaktur bisa tumbuh diatas 5 persen.

"Bagaimana agar pariwisata bisa terus tumbuh sebagai penyumbang devisa yang penting ditambah dengan aspek perbaikan tenaga kerja, diprioritas akan dibahas khusus mengenai upaya tidak hanya pendidikan tapi juga standar kerja dan kompetensi dari tenaga kerja sendiri," jelas dia.

Keempat, Bambang mengatakan ketahanan pangan energi dan air juga harus terus dilestarikan lingkungan untuk bisa menjaga sumber daya air dan memastikan ketahanan energi khususnya energi baru dan terbarukan.

"Kelima, stabilitas keamanan nasional dan pengamanan pemilu," katanya.

Jadi, lanjut Bambang, itu lima prioritas nasional yang dibahas dan sesuai arahan Presiden Jokowi bahwa ini tahun 2019 adalah tahun terakhir dan maka akan fokus agar pertumbuhan ekonomi yang berbasis investasi ekspor dan perbaikan konsumsi rumah tangga bisa terwujud.

"Kita harapkan mayoritas bisa diselesaikan (targetnya), nanti Pak Menko Perekonomian akan mereview mana yang akan bisa diselesaikan pada 2019," tandasnya. [ton]

Komentar

 
Embed Widget

x