Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 27 Mei 2018 | 04:27 WIB
 

Menteri Agama Minta Masyarakat Tak Terprovokasi

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Senin, 12 Februari 2018 | 18:41 WIB
Menteri Agama Minta Masyarakat Tak Terprovokasi
Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin mengatakan aksi kekerasan terhadap pemuka agama yang sering terjadi belakangan ini tentu tidak dibenarkan dengan dasar alasan apapun apalagi dilakukan di rumah-rumah ibadah.

"Oleh karenanya, semua kita umat beragama harus betul-betul bisa menyikapi bahwa ini tindakan yang sama sekali tidak dibenarkan oleh ajaran agama atas dasar alasan apapun," kata Lukman di Istana Negara, Senin (12/2/2018).

Menurut dia, ada dua hal yang perlu dilakukan antara lain, peristiwa ini harus menjadikan umat beragama untuk lebih meningkatkan kewaspadaan khususnya kepada para pemuka agama sendiri.

Kedua, kata Lukman, rumah-rumah ibadah sendiri khususnya dalam menjalankan kegiatan-kegiatan keagamaan harus meningkatkan kewaspadaannya.

Kemudian, Lukman berharap peristiwa ini juga menjadikan aparat penegak hukum lebih serius lagi untuk mengungkap motifnya. Tentu, tidak cukup sebatas memberikan informasi ini dilakukan oleh orang hilang ingatan atau tidak waras atau gila dan seterusnya.

"Perlu ada pengungkapan yang lebih jelas, apa motif dibalik motif peristiwa-peristiwa ini sehingga umat beragama tidak lagi terpicu atau berpotensi menduga-duga bahwa ini adalah sesuatu yang direkayasa dan seterusnya," ujarnya.

Maka dari itu, Lukman selaku Menteri Agama berharap agar umat beragama betul-betul bisa memberikan sepenuhnya kepercayaan kepada aparat penegak hukum untuk mengusut secara tuntas.

"Sehingga tidak perlu main hakim sendiri, terprovokasi untuk melakukan tindakan balasan terhadap tindak kekerasan yang terjadi," tandasnya.[jat]

Komentar

 
Embed Widget

x