Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 20 Oktober 2018 | 10:34 WIB

Jokowi: Diplomat Zaman Now Banyak Tantangannya

Oleh : Ray Muhammad | Senin, 12 Februari 2018 | 15:54 WIB

Berita Terkait

Jokowi: Diplomat Zaman Now Banyak Tantangannya
Presiden Joko Widodo - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menilai menjadi diplomat di zaman sekarang tidak mudah.

Ia mengatakan peristiwa konflik dan perang terjadi di berbagai belahan dunia. Kemudian krisis kemanusiaan, pengungsi yang mencapai jutaan, kejahatan lintas batas, terorisme dan narkoba mengacam semua negara bukan hanya Indonesia.

Selain itu, persaingan ekonomi semakin tajam dan semua negara ingin menjadi pemenang. Bahkan, semuanya ingin menjadi pemenang dan kecenderungan proteksionisme meningkat baik melalui hambatan tarif maupun hambatan non tarif.

"Inilah kehidupan dunia kita sekarang ini. Inilah tantangan kita, inilah tantangan saudara-saudara yang harus kita hadapi, tantangan diplomat terutama diplomat-diplomat kita," kata Jokowi di Jakarta, Senin (12/2/2018).

Menurut dia, masyarakat Indonesia mengharapkan agar para diplomatnya menjadi diplomat yang mampu memperjuangkan kepentingan Indonesia, kepentingan rakyat Indonesia. Oleh karena itu, tindakan baru reformasi harus terus disesuaikan sesuai dengan tantangan zaman yang ada.

"Diplomasi yang cepat, responsif, tanggap, bukan diplomasi lagi yang membuang uang, tapi diplomasi yang menghasilkan uang," ujarnya.

Kemudian, diplomasi yang berpihak pada perlindungan warganya di luar negeri, diplomasi yang tidak akan mundur seinci pun untuk membela kedaulatan negaranya dan diplomasi yang dapat memberikan kontribusi bagi perdamaian serta kesejahteraan dunia. [rok]

Komentar

Embed Widget
x