Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 20 Februari 2018 | 04:35 WIB
 

Jafar Hafsah Akui Terima Duit dari Nazar

Oleh : Ivan Setyadi | Senin, 12 Februari 2018 | 15:41 WIB
Jafar Hafsah Akui Terima Duit dari Nazar
Mantan Ketua Fraksi Demokrat, Jafar Hafsah - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Mantan Ketua Fraksi Demokrat, Jafar Hafsah mengakui pernah menerima uang hampir Rp1 miliar dari mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin.

Uang tersebut diterima Jafar pada rentang waktu tahun 2010. Hal itu diakui Jafar saat bersaksi di sidang perkara dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP, untuk terdakwa Setya Novanto.

"Oiya, (Nazaruddin) sebagai bendahara, saya pernah menerima uang sebagai Ketua Fraksi," terang Jafar di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (12/2/2018).

Jafar menjelaskan, uang yang diserahkan Nazar untuk dirinya sebesar hampir Rp1 miliar. Berdasarkan pengakuan Jafar, uang tersebut diperuntukkan Nazar kepada Jafar untuk biaya operasional.

"Uangnya hampir satu miliar, dipakai untuk operasional fraksi," terangnya.

Tak hanya itu, Jafar juga mengakui bahwa ada setoran dari para kader untuk Partai Demokrat. "Iya (setiap bulan lima juta). Tapi tidak pakai tanda terima, sekitar tahun 201," ujarnya.

Setelah mengetahui adanya permasalahan di proyek pengadaan e-KTP, Jafar pun mengembalikan uang yang diduga hasil bancakan proyek e-KTP ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Karena waktu itu disampaikan bahwa uang itu dari e-KTP. Saya engga tahu uang itu dari e-KTP, oleh karena itu, saya kembalikan uangnya ke KPK sebesar Rp1 miliar. Dari tabungan saya, istri punya uang, ana tertua dan anak ketiga saya, saya pinjam," pungkasnya.[jat]

Komentar

 
Embed Widget

x