Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 Agustus 2018 | 08:14 WIB

Jokowi Diminta Peka Sikapi Kasus Intoleransi

Oleh : Ray Muhammad | Senin, 12 Februari 2018 | 07:00 WIB
Jokowi Diminta Peka Sikapi Kasus Intoleransi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Sekretaris Jenderal MUI Anwar Abbas menyayangkan terjadinya insiden penyerangan di Gereja Santa Lidwina Bedog, Kecamatan Gamping, Sleman, Minggu (11/2/2018) pagi.

Ia menilai, insiden itu menunjukkan Indonesia saat ini tengah kembali menghadapi masalah yang berkaitan dengan sikap intoleransi antarumat beragama.

Untuk itu, menurutnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus peka menyelidiki penyebab munculnya kasus intoleransi di tanah air yang saat ini terkesan menyasar tokoh-tokoh agama.

"Mungkin saja memang saat ini sedang terjadi berbagai masalah yang berkaitan dengan intoleransi. Maka, harus dicari penyebabnya apa oleh pemerintah, pasti ada penyebabnya. Apakah itu kebetulan atau bukan. Apakah memang pihak yang melakukan itu memang sengaja salah satunya membidik tokoh agama atau bagaimana?" ujar Anwar kepada INILAHCOM, Jakarta, Minggu (11/2/2018).

Lebih lanjut, ia pun mengharapkan agar masyarakat bersikap jernih dalam menyikapi berbagai persoalan intoleransi yang terjadi belakangan ini. Anwar meminta jangan sampai masalah ini malah memunculkan sentimen atau stigma terhadap agama tertentu.

"Jangan juga cepat-cepat menyimpulkan masalah intoleransi ini dengan hal yang macam-macam. Memang terjadi peristiwa, biarkan aparat hukum yang membaca masalahnya. Kalau kita cepat-cepat menyimpulkan begini atau begitu, tegang juga nantinya. Hal yang penting pemerintah atau penegak hukum cepat bertindak," tuturnya.

Komentar

x