Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 21 Mei 2018 | 02:29 WIB
 

DPR Ingatkan Masyarakat Nilai Luhur Pancasila

Oleh : Ajat M Fajar | Minggu, 11 Februari 2018 | 23:32 WIB
DPR Ingatkan Masyarakat Nilai Luhur Pancasila
Wakil Ketua Fraksi Demokrat MPR-RI, Marwan Cik Asan - (Foto: istimewa)

INILAHCOM, Lampung - Wakil Ketua Fraksi Demokrat MPR-RI, Marwan Cik Asan terus menyosialisasikan empat pilar kebangsaan di daerah pemilihan (dapil)-nya di Kecamatan Negeri Besar, Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung, Sabtu (10/2).

Dia mengatakan, tujuan nasional dari pembentukan pemerintahan adalah untuk melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia,
memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.

"Jadi intinya, kemerdekaan yang telah diraih harus dijaga dan diisi dengan pembangunan yang berkeadilan dan demokratis serta dilaksanakan secara bertahap dan berkesinambungan," katanya dalam keterangan persnya, Minggu (11/2/2018).

Menurut dia, sampai saat ini pembangunan masih berkonsentrasi di daerah pusat khususnya di Ibukota dan sekitarnya. Keadaan seperti ini sangatlah jauh dari apa yang dicita-citakan dalam tujuan nasional Indonesia mengenai usaha-usaha untuk pemerataan pembangunan.

"Sosialisasi Empat Pilar sangat penting untuk mengingatkan masyarakat tentang nilai-nilai luhur yang ada di dalam Pancasila," ungkap Marwan.

Dia menjelaskan, Empat Pilar dimaksud adalah Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (UUD NKRI) 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

Marwan mengatakan, sebetulnya pemerintah saat ini sangat beruntung dengan terbitnya Undang-undang Desa Tahun 2014. Dengan terbitnya UU tersebut pemerintah bisa mengoptimalkan dana tersebut untuk pemerataan pembangunan di Indonesia.

"Kegiatan ekonomi di suatu wilayah yang telah berhasil diusahakan oleh koperasi agar tidak dimasuki oleh badan usaha lainnya dengan
memperhatikan keadaan dan kepentingan ekonomi nasional dalam rangka pemerataan kesempatan usaha dan kesempatan kerja," katanya.

Meski sosialisasi digelar secara sederhana, namun acara yang diselingi sesi tanya-jawab tersebut terasa hidup.

Ratusan masyarakat menyimak terlebih dulu penjelasan Marwan dan kemudian merespons dengan pertanyaan-pertanyaan kritis seputar Empat Pilar Kebangsaan.

Marwan dengan sabar, meladeni pertanyaan masyarakat dan menerangkannya sampai mereka dapat memahami mengapa Empat Pilar itu begitu penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selain politisi Partai Demokrat, hadir pula dalam kesempatan ini para tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat.[jat]

Komentar

 
Embed Widget

x