Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 24 Oktober 2018 | 13:23 WIB

Pilkada Jawa Timur 2018

Gus Ipul Janjikan 'Dik Dilan' untuk Warga Jatim

Senin, 12 Februari 2018 | 00:05 WIB

Berita Terkait

Gus Ipul Janjikan 'Dik Dilan' untuk Warga Jatim
Bakal calon Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) - (Foto: istimewa)

INILAHCOM, Surabaya - Bakal calon Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyampaikan Pendidikan Digratiskan Berkelanjutan (Dik Dilan) akan menjadi salah satu program prioritas untuk Jawa Timur ke depan.

"Ini salah satu program utama jika saya dan Mbak Puti Guntur Soekarno diberi amanah memimpin Jawa Timur," kata Gus Ipul, Minggu (11/2/2018).

Menurut dia, 'Dik Dilan' bakal mengembalikan lagi pendidikan gratis untuk masyarakat Jawa Timur setelah Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 mengembalikan lagi kewenangan terhadap SMA/SMK Negeri kepada Pemerintah Provinsi.

"Dengan 'Dik Dilan', kami akan kembali menggratiskan SMA/SMK Negeri. Komitmen pendidikan tak hanya diwujudkan pada sekolah negeri, tapi juga sekolah swasta. Sekolah-sekolah swasta yang setingkat dengan SMA akan diberikan subsidi," ujarnya.

Wakil Gubernur Jawa Timur itu menyampaikan Pemerintah Provinsi mengalokasikan dana untuk mengawal seluruh operasional SMA/SMK tanpa dibebankan ke peserta didik dengan alokasi Rp1,4 triliun.

Komponen yang akan ditanggung, lanjut dia, mencakup biaya operasional dan SPP yang dihitung per siswa, yaitu untuk siswa dari keluarga tidak mampu akan diberikan beasiswa yang digunakan untuk biaya transportasi, pembelian peralatan sekolah dan pengadaan buku serta alat penunjang kecakapan khusus.

"Besaran dana akan disesuaikan untuk masing-masing daerah," kata mantan ketua umum Gerakan Pemuda Ansor tersebut.

Sementara itu, selain meluncurkan program 'Dik Dilan', Gus Ipul-Mbak Puti juga memiliki beberapa program lainnya, antara lain Satu Triliun untuk Madura (Satria Madura), Desa Cerdas Maju Sejahtera (Desa Cemara ), Pusat Ekonomi Baru Jalur Selatan (Tebar Jala), dan Madin Plus Berkelanjutan.

Pilkada Provinsi Jawa Timur diikuti dua pasangan, yakni Saefullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno yang diusung koalisi PKB, PDI Perjuangan, PKS dan Gerindra, serta pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak yang diusung gabungan Partai Demokrat, Partai Golkar, PAN, PPP, Partai Hanura dan Partai NasDem.[tar]

Komentar

Embed Widget
x