Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 Agustus 2018 | 01:10 WIB

Pilkada Jawa Timur 2018

Polisi Jamin Situasi Kamtibmas di Kota Batu Aman

Oleh : - | Minggu, 11 Februari 2018 | 17:31 WIB
Polisi Jamin Situasi Kamtibmas di Kota Batu Aman
Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto mengatakan pihaknya akan berupaya menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) saat pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018 aman dan kondusif.

Dengan begitu, berbagai langkah dilakukan oleh pria yang akrab disapa Budher ini untuk menjaga situasi kamtibmas di wilayah Jawa Timur aman. Salah satunya mengadakan deklarasi damai dan pernyataan kesepakatan bersama serta simulasi latihan pengendalian massa.

"Kami sudah menggelar deklarasi damai dan simulasi latihan pengendalian massa bersama Forpimda Kota Batu, Ketua KPU Kota Batu, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh politik Kota Batu," kata Budher melalui keterangannya, Minggu (11/2/2018).

Mantan Kasubdit Resmob Polda Metro Jaya itu menjelaskan kegiatan simulasi digambarkan bagaimana nantinya pelaksanaan Pilgub Jawa Timur di Kota Batu ini sehingga jelas dalam pembagian tugas dan wewenang masing-masing antara Polri, TNI, Linmas, KPU, Panwaslu, Petugas PPS dan PPK.

Selain itu, kata dia, bagaimana cara melaksanakan pengawalan kepada calon Panwaslu dan netralitas Polri saat melaksanakan pengamanan kandidat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur.

"Serta bagaimana tindakan kepolisian dalam mengamankan kota suara dan KPU jika terjadi gejolak masyarakat dengan sistem negosiator, dalmas (pengendalian massa) awal, dalmas dan dalmas inti," ujar mantan Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan itu.

Menurut dia, semua stakeholder maupun elemen masyarakat harus bersatu dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat Kota Batu selama prosesi Pilkada Jawa Timur berlangsung.

Sebab, kata Budher, aparta Polres Batu tidak bisa bekerja sendiri untuk menjaga keamanan dan ketertiban tapi diperlukan sinergitas antar lembaga lain termasuk masyarakat.

"Kami disini Polres Batu, TNI, Linmas bukanlah siapa-siapa tanpa bantuan dari Pemerintah Kota batu, rekan partai politik, KPUD, Panwas, tokoh agama, tokoh masyarakat dan semua elemen lain sehingga kita bisa sinergi dalam menciptakan rasa aman di Kota Batu," jelas dia.

Di samping itu, pria lulusan Akpol 2000 ini berharap kegiatan deklarasi damai juga tidak hanya sekedar ucapan atau seremonial dan penandatanganan saja.

"Tapi memang esensi yang harus kita ambil satu konsekuensi bahwa perbedaan itu tidak memecah belahkan apa yang kita inginkan, namun menjadikan satu khususnya wilayah Kota Batu dan Kabupaten Malang kini menjadi satu-kesatuan," tandasnya.[ris]

Komentar

x