Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 24 Februari 2018 | 19:12 WIB
 

Kontroversi Zakat PSN

Gerindra Ingatkan Pemerintah Jangan Beratkan ASN

Oleh : Ray Muhammad | Minggu, 11 Februari 2018 | 07:00 WIB
Gerindra Ingatkan Pemerintah Jangan Beratkan ASN
Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (Wasekjen DPP) Partai Gerindra Andre Rosiade

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (Wasekjen DPP) Partai Gerindra Andre Rosiade mengatakan perlu mempertimbangkan secara matang rencana memotong gaji pegawai negeri sipil (PNS) dan aparatur sipil negara (ASN) beragama Islam untuk zakat.

Ia mengingatkan, masing-masing PNS dan ASN tak memiliki gaji yang seragam. Dengan demikian, pemerintah melalui Kementerian Agama perlu melihat apakah kebijakan ini justru malah memberatkan mereka nantinya.

"Tidak bisa semua ASN disamaratakan oleh pemerintah untuk ditarik zakat. Namanya Zakat itu ada hukum agamanya. Setiap PNS berbeda-beda gajinya. Mungkin ada yang gajinya Rp10 juta cukup dan bisa bayar zakat. Ada juga yang gajinya harus dipakai untuk bayar utang," kata Andre kepada INILAHCOM, Jakarta, Sabtu (10/2/2018).

Lebih jauh, ia meminta pemerintah mengkaji secara mendalam wacana ini dari sisi hukum syariah. Jangan sampai, aturan ini jika diterapkan sama sekali tidak mencerminkan prinsip syariah, seperti tidak dijelaskan secara terbuka pemanfaatan dari zakat tersebut.

"Sekali lagi, tidak bisa pemerintah menyamaratakan. Hukum syariatnya jelas berbeda antara yang gaji cukup dan tidak. Harus terbuka juga untuk apa zakat ini," ujarnya.

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x