Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 20 Oktober 2018 | 21:21 WIB

MUI: Negara Jangan Ambil Alih Semua Urusan Zakat

Oleh : Ray Muhammad | Minggu, 11 Februari 2018 | 05:00 WIB

Berita Terkait

MUI: Negara Jangan Ambil Alih Semua Urusan Zakat
Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin menegaskan pemerintah melalui Kementerian Agama harus menjelaskan secara detil peruntukkan dana zakat dari gaji pegawai negeri sipil (PNS) dan aparatur sipil negara (ASN) beragama Islam.

Din menilai peruntukkannya harus dijelaskan sejak awal, meskipun hingga saat ini hal tersebut masih berupa wacana agar tak terus menjadi kontroversi.

"Peruntukannya juga jadi masalah yang perlu disoroti kalau memang diperuntukkan bagi negara. Indonesia bukan negara Islam, meskipun mayoritas Muslim dan sudah ada lembaga zakat," kata Din kepada INILAHCOM, Jakarta, Sabtu (10/2/2018).

Ia pun mengharapkan penggunaan dana zakat itu jangan sepenuhnya diatur oleh pemerintah. Hal ini dikarenakan dapat mempengaruhi umat kekuatan zakat umat untuk hal-hal yang sudah jelas diperuntukkan bagi santunan kemanusiaan misalnya.

"Jangan seluruhnya urusan zakat diambil alih negara. Nanti mati kekuatan filantropi umat. Zakat itu kan, tidak hanya dilakukan swasta tapi juga PNS walaupun tidak semua," tandasnya. [rym]

Komentar

Embed Widget
x