Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 16 Oktober 2018 | 07:49 WIB

Zakat PNS Dinilai Berpotensi Cederai Dakwah Islam

Oleh : Ray Muhammad | Minggu, 11 Februari 2018 | 04:00 WIB

Berita Terkait

Zakat PNS Dinilai Berpotensi Cederai Dakwah Islam
Din Syamsuddin - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Utusan khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antaragama dan Peradaban (UKP-DKAP) Din Syamsuddin menegaskan bahwa zakat merupakan bagian dari dakwah Islam. Dengan demikian, jangan penerapan zakat menjadi suatu hal yang memberatkan umat.

Hal ini disampaikan Din menyikapi wacana Kementerian Agama untuk memotong gaji pegawai negeri sipil (PNS) dan aparatur sipil negara (ASN) beragama Islam untuk zakat.

Menurutnya, jika wacana ini diterapkan dengan semena-mena hingga memberatkan PNS dan ASN yang menjadi objeknya dinilai berpotensi mencederai nilai dari dakwah tersebut.

"Zakat itu menjadi sumber logistik dari dakwah Islam. Kemudian kalau diambil alih oleh negara, alasan yang perlu dipertimbangkan juga gaji PNS tidak seberapa. Rata-rata gaji mereka sama dengan UMR atau lebih sedikit. Jangan sampai kemudian memberatkan mereka," ujar Din kepada INILAHCOM, Jakarta, Sabtu (10/2/2018).

Dengan demkian, ia mengharapkan agar Kemenag mengkaji lebih jauh wacana ini dari berbagai sisi agar tidak memicu terjadi sesuatu yang memberatkan PNS dan ASN dan mengganggu penghasilan mereka.

"Zakat itu memang hampir memaksa sifatnya, tapi tidak bisa asal mengambil. Harus ada aturan dan mekanisme serta mempertimbangkan jumlah gaji yang dimiliki PNS. Gaji mereka kan, juga tidak seberapa untuk menafkahi kalau yang sudah berkeluarga. Alangkah baiknya jika kembali dikaji, diperdalam dan dipertimbangkan berbagai sisi," katanya.

Komentar

Embed Widget
x