Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 15 Agustus 2018 | 09:02 WIB

Din Syamsuddin: Zakat Sudah Jadi Budaya Indonesia

Oleh : Ray Muhammad | Minggu, 11 Februari 2018 | 03:00 WIB
Din Syamsuddin: Zakat Sudah Jadi Budaya Indonesia
Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin angkat bicara soal wacana Kementerian Agama untuk memotong gaji pegawai negeri sipil (PNS) dan aparatur sipil negara (ASN) beragama Islam untuk zakat.

Ia mengatakan, PNS dan ASN memang bekerja di bawah pemerintah. Akan tetapi, tidak sepatutnya Kemenag terburu-buru berencana membuat kebijakan pemotongan gaji mereka dengan alasan zakat dengan semena-mena.

"Mereka sebenarnya memang bawahan pemerintah tepatnya bekerja dibawah naungan pemerintah. Maka, sebenanrnya apapun yang mau diterapkan oleh pemerintah, sah-sah saja. Akan tetapi, harus berdasarkan produk hukum dan perundang-undangan, tidak semena-mena," ujar Din kepada INILAHCOM, Jakarta, Sabtu (10/2/2018).

Pria yang juga menjabat Utusan khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antaragama dan Peradaban(UKP-DKAP) ini pun menilai, sebenarnya zakat sudah menjadi budaya rakyat Indonesia sejak lama. Sehingga tidak perlu lagi ada kekhawatiran rakyat yang merupakan PNS dan ASN tak membayar zakat.

"Menyangkut zakat ini perlu dipertimbangkan. Pengumpulan zakat itu sebenarnya sudah menjadi tradisi di masyarakat dan ormas Islam. Apalagi Muhammadiyah ada LAZISMU dan NU dengan LAZISNU serta banyak sekali. Itu sudah dilakukan sejak negara belum ada," tandasnya. [rym]

Tags

Komentar

x