Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 Agustus 2018 | 07:44 WIB

Aher Cawapres Jokowi Tergantung Pilkada 2018

Oleh : Fadhly Zikry | Sabtu, 10 Februari 2018 | 05:00 WIB
Aher Cawapres Jokowi Tergantung Pilkada 2018
Ketua DPP PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mulai disebut-sebut sebagai bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres) mendampingi Presiden Jokowi yang hampir pasti akan mencalonkan diri untuk periode kedua.

Selain itu juga muncul nama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum PPP Romahurmuziy menjadi Cawapres Jokowi. Ketua DPP PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno mengatakan, secara hitung-hitungan politik, posisi tawar Ketua Umum partai politik lebih kuat.

"Di atas kertas, Ketum Parpol lebih berpeluang, karena punya modal politik dan sosial yang lumayan," kata Hendrawan kepada INILAHCOM, Jumat (9/2/2018).

Namun begitu, tidak menutup kemungkinan bagi tokoh non ketua umum partai untuk menjadi Cawapres. Semua kondisi politik masih bisa berubah setelah perhelatan Pilkada serentak 2018.

"Tapi semua masih tergantung hasil Pilkada 2018 ini juga," ujar anggota Komisi XI DPR tersebut.

Untuk diketahui, berdasarkan jadwal yang sudah dibuat oleh KPU RI, Pilpres 2019 akan digelar pada tanggal 17 April 2019. Pilpres akan dilakukan serentak dengan Pemilihan Legislatif. Untuk pendaftaran Capres dan Cawapres dilakukan pada tanggal 8-14 Agustus 2018. [fad]

Komentar

x