Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 28 Mei 2018 | 02:11 WIB
 

Zumi Zola Bingung Disebut Terima Gratifikasi Rp6 M

Oleh : Ivan Setyadhi | Jumat, 9 Februari 2018 | 19:42 WIB
Zumi Zola Bingung Disebut Terima Gratifikasi Rp6 M
Gubernur Jambi Zumi Zola - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur Jambi Zumi Zola memastikan sejumlah aset yang disita oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dapat dipertanggungjawabkan asal usulnya.

Hal itu disampaikan Zumi melalui kuasa hukumnya saat dikonfirmasi, Jumat (9/2/2018). "Zumi Zola siap dan bersedia melakukan klarifikasi atas barang barang dan aset yang didapat dari penggeledahan KPK tersebut dengan sejelas-jelasnya," ujar Muhammad Farizi.

Penyidik KPK melakukan penggeledahan di tiga tempat yaitu, rumah dinas Gubernur Jambi, dan vila milik keluarga Zumi Zola, serta rumah seorang saksi di Kota Jambi. Penggeledahan tersebut terkait Zumi Zola yang ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan gratifikasi proyek di Dinas PUPR Provinsi Jambi.

Farizi mengaku Zumi belum mengetahui sangkaan KPK tentang penerimaan gratifikasi hingga Rp 6 miliar.

"Sekarang dibilang gratifikasi kan enggak dijelaskan gratifikasinya apa. Jadi masih kita tunggu saja. Kami bilang kami bersedia mengklarifikasi semua, yang mana," jelasnya.

Sebelumnya, KPK menetapkan Gubernur Jambi Zumi Zola dan Plt Kadis PUPR Arfan sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan gratifikasi sejumlah proyek di Dinas PUPR Provinsi Jambi.

KPK menduga Zumi bersama Plt Kadis PUPR Provinsi Jambi yang juga ditetapkan sebagai tersangka, menerima uang sejumlah Rp 6 miliar dari beberapa kontraktor terkait proyek di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi.
Uang itu disinyalir kemudian disalurkan lagi sebagai suap kepada anggota DPRD Jambi.

Selain itu, KPK menemukan uang pecahan dolar Amerika Serikat saat menggeledah sejumlah tempat terkait kasus dugaan gratifikasi Gubernur Jambi Zumi Zola. Penyidik menemukan uang tersebut dalam sebuah brankas. [ton]

Komentar

 
Embed Widget

x