Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 26 Mei 2018 | 13:18 WIB
 

Kedubes Argentina: Terima Kasih Kapolri

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Kamis, 8 Februari 2018 | 17:28 WIB
Kedubes Argentina: Terima Kasih Kapolri
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Dubes Argentina untuk Indonesia, Ricardo Luis Bocalandro, mengucapkan rasa terima kasih kepada Pemerintah Indonesia khususnya Kapolri yang telah berhasil mengungkap kasus dugaan Penculikan seorang bocah bernama Alam Langone Alavos (7).

Alum merupakan putri dari pasangan Jorge Langone Elizabeth. Alum dibawa pergi oleh Jorge yang sudah bercerai dengan istrinya, Elizabeth. Putusan pengadilan Argentina memberikan hak asuh anak kepada Elizabeth.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dari Pemerintah Argentina atas kerja keras dan profesional yang sangat hebat, yang telah dilakukan oleh polisi di Indonesia. Dalam beberapa jam, orang tersebut (Jorge) telah diamankan sehingga situasi terpecahkan," kata Ricardo usai bertemu Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (8/2/2018).

Ricardo mengapresiasi respon cepat dari pemerintah Indonesia khususnya Polri yang bergerak cepat usai mendapat informasi bahwa Alum berada di Indonesia.

"Kami benar-benar mendapatkan tanggapan yang luar biasa dari Otoritas Indonesia. Jadi saya datang hari ini kepada Pak Tito, untuk mengucapkan terima kasih atas tanggapan yang sangat membantu ini. Berkat polisi, bantuan media, kami orang Argentina benar-benar berterima kasih kepada kalian semua," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris National Central Biro (NCB) Interpol Indonesia, Brigjen Pol Napoleon Bonaparte mengungkapkan Kepolisian Indonesia bergerak cepat usai menerima dua red notice untuk Jorge dan pacaranya dan satu yellow notice untuk Alum.

Usai mendapat informasi keberadaan Alum di Toraja, pihaknya langsung menghubungi Polda Sulsel untuk segera menemukan Alum dan mengamankan Jorge serta pacarnya.

"Setahun lalu, seorang anak bernama Alum dibawa pergi ayahnya. Pengadilan di Argentina memberi hak asuh pada ibunya yang sudah bercerai dengan suaminya (Jorge). Hal itu di Argentina merupakan kejahatan yang sangat serius dan ayahnya telah membawa anaknya pergi mengelilingi beberapa negara, dari Brazil, Bolivia, Ethiopia, masuk ke Malaysia, dan memasuki Indonesia secara tidak resmi," kata Napoleon.

"Pada (5/2/2018) terdeteksi (Alum, Jorge, pacar Jorge) di Sulsel. Bapak Dubes bekerjasama dengan Kapolri melalui bantuan Interpol melakukan cek ke Polda Sulsel. Tanggal (6/2/2018) kita ke sana koordinasi dengan polda sulsel, dan berhasil melocate (melindungi) Alum, dan mengamankan pelaku beserta teman wanitanya dan si korban," imbuh dia.

Sebagaimana diketahui, Alum Lagone Avalus (7), bocah Argentina yang dikabarkan diculik oleh Ayahnya (Jorge) ditemukan di Tana Toraja, Sulawesi Selatan pada Selasa (6/2/2018). Alum ditemukan oleh Polres Tana Toraja saat bersama Ayahnya dan pacar ayahnya.

Mantan Istri Jorge, Elizabeth melaporkan Jorge atas tuduhan penculikan terhadap putrinya, Alum Langone Alavos (7). Pemerintah Argentina meminta Interpol untuk mengeluarkan dua red notice bagi Jorge dan Pacarnya dan satu yellow notice untuk menyelamatkan Alum.[jat]

Komentar

 
Embed Widget

x