Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 20 Oktober 2018 | 10:31 WIB

Lahan Miring Ditanami Pohon Sengon Rawan Longsor

Kamis, 8 Februari 2018 | 13:59 WIB

Berita Terkait

Lahan Miring Ditanami Pohon Sengon Rawan Longsor
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Jember - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Jember, Jawa Timur, Widi Prasetyo meminta kepada warga agar menanam pohon kuat untuk merekatkan tanah di sela-sela tanaman pohon sengon yang dibudidayakan di lahan yang miring. Ini dikarenakan akar sengon adalah serabut dan tak kuat menahan tanah longsor.

"Contoh, setiap sela-sela 10-20 meter sengon ditanami tanaman keras seperti pohon mahoni. Jadi silakan kalau menanam sengon, tapi jangan pure (murni sengon)," kata Widi.

Widi meminta agar warga mulai menanam tegakan pohon yang diambil manfaatnya pada aspek buah dan bukan batang. "Contoh durian, manggis, alpukat. Ini kan pohon-pohon keras, akarnya mampu menahan tanah, dan buahnya dapat diambil," kata Widi.

"Kalau sengon kan setelah berusia 3-5 tahun dipotong. Akarnya membusuk dan menjadi unsur hara tanah sehingga membuat tanah subur dan makin gembur, tanah menjadi mudah bergerak," kata Widi.

BPBD sudah mengedukasi masyarakat, khususnya di daerah-daerah berpotensi bencana. "Kami minta mereka merawat lingkungan. Secara simultan kami lakukan mitigasi," kata Widi.

Salah satu daerah rawan longsor yang saat ini dipantau BPBD adalah RT 03 RW 03, Dusun Calok, Desa Arjasa, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember. Sebanyak Sebanyak 33 rumah terancam tertimbun longsor. Saat ini sudah muncul retakan-retakan kecil di bagian tanah lahan warga yang terletak di daerah yang lebih tinggi. [beritajatim]

Komentar

Embed Widget
x