Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 20 Februari 2018 | 04:36 WIB
 

33 Rumah Terancam Tertimbun Longsor di Jember

Oleh : - | Kamis, 8 Februari 2018 | 13:13 WIB
33 Rumah Terancam Tertimbun Longsor di Jember
(Foto: Beritajatim)

INILAHCOM, Jember - Sebanyak 33 rumah di RT 03 RW 03, Dusun Calok, Desa Arjasa, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember, Jawa Timur terancam tertimbun longsor. Saat ini sudah muncul retakan-retakan kecil di bagian tanah lahan warga yang terletak di daerah yang lebih tinggi.

Lahan tersebut ditanami pohon sengon. "Retakan mulai muncul pada pekan ketiga Januari 2018 kemarin. Setelah hujan lebat pada 1 Februari selama tiga hari, retakan semakin melebar dan memanjang," kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Widi Prasetyo, Kamis (8/2/2018).

Retakan itu sepanjang kurang lebih 60 meter dengan lebar 10-100 centimeter dan kedalaman 1-2,8 meter. Selain retak, lahan warga juga ambles hingga 80 centimeter. "Potensi sliding atau tanah longsor besar, apalagi curah hujan selama Februari ini masih tinggi," kata Widi.

"Langkah antisipasinya agar air tidak langsung masuk, kami tutup retakan itu dengan tanah, kami padatkan, dan kami tutup dengan terpal. Kedua, kami minta warga tetap waspada. Kalau terjadi hujan selama satu jam terus-menerus dengan intensitas tinggi, lebih baik menjauh dan menuju titik aman yang disepakati bersama," kata Widi.

Malam ini rencananya akan digelar rapat bersama warga untuk menentukan titik aman tersebut. Selain itu, ada rencana untuk bekerja bakti melanjutkan penutupan retakan.

"Ketua kampung siap memfasilitasi warga untuk berkumpul," kata Widi. [beritajatim]

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x