Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 19 Oktober 2018 | 17:28 WIB

Longsor di Soetta

Pemerintah Harus Ketat Awasi Proyek Infrastruktur

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Kamis, 8 Februari 2018 | 06:05 WIB

Berita Terkait

Pemerintah Harus Ketat Awasi Proyek Infrastruktur
Anggota Komisi V DPR RI, Novita Wijayanti - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi V DPR RI, Novita Wijayanti meminta kepada pemerintah untuk lebih ketat lagi melakukan pengawasan terhadap pelaksana proyek infrastruktur. Karena, kasus longsor underpass di kawasan Bandara Soekarno-Hatta jangan sampai terulang.

Anggota Fraksi Partai Gerindra ini mengatakan selain faktor bencana, tapi faktor infrastruktur juga harus diutamakan keselamatan dan kekuatan infrastrukturnya.

"Perhatikan sisi lokasi yang mungkin rawan longsor, mudah bergerak dan lain-lain," kata Novita kepada INILAHCOM, Rabu (7/2/2018).

Menurut dia, dengan banyaknya kejadian kecelakaan infrastruktur dan sudah ada korban baik yang meninggal dunia maupun luka dan trauma. Tentu, ini sudah lampu merah untuk pemerintah sebagai penanggung jawab semua proses dan anggaran.

"Bahwa penting sekali dan sudah wajib dilakukan langkah-langkah konkret solusi-solusi untuk hal ini, dimulai dari perencanaan kegiatan, pengawasan pelaksanaan baik prosedur maupun teknis pelaksanaan, kualitas dan waktu termasuk melihat faktor lingkungan dan alam disitu juga," ujarnya.

Anggota legislatif asal Cilacap Jawa Tengah ini menjelaskan lampu merah bukan berarti pemerintah menghentikan proyek pembangunan infrastruktur, tapi harus betul-betul serius dalam melakukan pengawasan proses pembangunannya.

"Kalau kontraktor harus dievaluasi dan bertanggung jawab, jika berulang harus ada sanksi dan ini untuk keseluruhan pekerjaan di Indonesia karena kesan kejar target dikhawatirkan hal ini juga terjadi dimana-mana," tandasnya.

Untuk diketahui, Dianti Dyah Ayu Putri menjadi korban longsor dan berhasil dievakuasi di perimeter underpass kawasan Bandara Soekarno-Hatta pada Senin (5/2/2018). Dianti sempat dirujuk dari RSUD Tangerang menuju RS Mayapada, namun Dianti meninggal dunia.[ris]

Komentar

Embed Widget
x