Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 26 Februari 2018 | 04:55 WIB
 

Penanganan Teroris Indonesia Bikin Penasaran Asing

Oleh : Ray Muhammad | Rabu, 7 Februari 2018 | 16:58 WIB
Penanganan Teroris Indonesia Bikin Penasaran Asing
(Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - Menkopolhukam Wiranto mengungkapkan, akhir-akhir ini Indonesia banyak menjadi sorotan dari negara lain karena berhasil menanggulangi terorisme dengan baik.

Wiranto mengatakan dalam beberapa bulan ini dirinya diminta banyak negara lain untuk melakukan koordinasi masalah pemberantasan terorisme.

"Dengan Australia, Singapura, Arab Saudi, India sampai Turki, semuanya meminta ilmu Indonesia yang mampu secara rasio termasuk kecil terorismenya," ujar Wiranto di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu (7/2/2018).

Ia menuturkan, hal yang membuat negara-negara tersebut penasaran dengan kemampuan Indonesia menangani terorisme karena negara ini mempunyai penduduk terbesar pemeluk agama Islam di dunia.

"Apalagi terorisme sekarang dikenal berkedok pakai payung Islam. Dengan negara berpenduduk Islam terbesar, terorisme menggunakan dalil-dalil Islam, tapi rasio sumber-sumber terorisme dari Indonesia kecil. itu yang mereka heran, apa yang kita lakukan," paparnya.

Ia menjelaskan kemampuan negara ini dalam menangani persoalan terorisme tak terlepas dari kemampuam BNPT bersama Polri dan TNI yang menjalankan dua jenis operasi yang belim dilakukan negara lain.

"Sekarang mereka sedang belajar. Cara pertama itu adalah hard approach, operasi dengan cara kekerasan yaitu mencari, ketemu dan dibunuh sumber teror itu. Tetapi ibarat sungai, cegah di hilir kita habisi disini kalau hulunya masih berproduksi, enggak ada habis-habisnya," jelasnya.

Untuk itu, pemerintah pun melakukan langkah kedua dengan pendekatan yang disebut dengan soft approach.

"Makanya, kami lakukan yang kedua yaitu soft approach. Kami mencoba menghabisi dulu di hilir lalu melakukan deradikalisasi," ucapnya.[jat]

Komentar

 
Embed Widget

x