Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 15 Agustus 2018 | 09:03 WIB

Wiranto Ungkap Ancaman Nyata Terhadap Pancasila

Oleh : Ray Muhammad | Rabu, 7 Februari 2018 | 15:22 WIB
Wiranto Ungkap Ancaman Nyata Terhadap Pancasila
Menkopolhukam Wiranto - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menkopolhukam Wiranto mengungkapkan Indonesia tengah menghadapi berbagai ancaman terhadap ideologi Pancasila melalui berbagai serangan negara adidaya saat ini.

"Ancamannya lebih beragam, kita sebut non-tradisional atau yang disebut multidimensional. Ancamannya banyak sekali, mulai dari narkoba, terorisme, ancaman ideologi, kesehatan, keuangan negara dan banyak lagi. Ini semua nyata sedang kita hadapi, enggak kelihatan tapi," tutur Wiranto di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu (7/2/2018).

Ia mengaskan hal-hal tersebut merupakan ancaman yang digagas negara-negara adidaya untuk melakukan penjajahan modern terhadap negara-negara yang lemah di dunia.

Wiranto memaparkan, jika negara-negara adidaya kembali menggunakan cara lama untuk menjajah negara lain membutuhkan biaya yang mahal.

Wiranto mencontohkan Amerika yang lama-lama tidak kuat untuk menduduki dan menginvansi negara lain dalam jangka waktu lama menggunakan cara-cara yang konvensional.

"Amerika juga enggak mampu menduduki negara lain dalam jangka waktu lama. Di Irak dan Libya dilepaskan. Rusia juga tidak bisa menduduki Afghanistan terlalu lama karena mahal. Ancaman linear, konservatif atau tradisional berupa invasi negara lain, kemungkinan tipis dIlakukan, biayanya mahal dan anggarannya mengganggu perekonomian masing-masing negara," paparnya.[jat]

Komentar

x