Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 23 Februari 2018 | 07:40 WIB
 

Longsor di Soetta

Hasil Audit Komite untuk Diserahkan ke Bareskrim

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Rabu, 7 Februari 2018 | 07:09 WIB
Hasil Audit Komite untuk Diserahkan ke Bareskrim
Anggota Komisi V DPR, Moh Nizar Zahro - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi V DPR, Moh Nizar Zahro mengatakan hasil audit yang dilakukan oleh Komite Keselamatan Konstruksi terhadap longsornya underpass di kawasan Bandara Soekarno-Hatta bisa diserahkan kepada Bareskrim Polri.

"Nanti hasil audit dari Ketua Komite Keselamatan Konstruksi itu disampaikan ke Bareskrim Polri untuk dipilah-pilih, apakah layak untuk dinaikkan tingkat pidana atau tidak sehingga menjadi hasil resmi dokumen dari pemerintah," kata Nizar kepada INILAHCOM, Selasa (6/2/2018).

Selain itu, kata Nizar, hasil audit yang dilakukan Komite Keselamatan Konstruksi juga bisa disampaikan secara transparan kepada Komisi V DPR serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) maupun pelaksana proyek tersebut.

"Dari hasil rekomendasi itulah yang bisa dipertanggungjawabkan secara hukum," ujar anggota Fraksi Partai Gerindra ini.

Menurut dia, kalau memang nanti ditemukan ada dugaan kelalaian pihak pelaksana maka mereka yang bertanggung jawab. Sehingga, nanti hasil audit dari komite itu disampaikan rekomendasinya ke Bareskrim Polri bahwa ada kelalaian.

"Maka diproses pidana siapa yang lalai, bagian apa yang lalai. Tapi kalau force major itu beda lagi, makanya komite harus transparan menyampaikan dokumen tersebut," jelas dia.

Untuk diketahui, underpass di kawasan Bandara Soekarno-Hatta mengalami longsor pada Senin (5/2/2018). Akibatnya, ada beberapa orang menjadi korban dan satu orang meninggal dunia.[ris]

Komentar

 
Embed Widget

x