Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 21 Februari 2018 | 20:32 WIB
 

Komite Konstruksi Harus Audit Longsor di Soetta

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Rabu, 7 Februari 2018 | 05:06 WIB
Komite Konstruksi Harus Audit Longsor di Soetta
Anggota Komisi V DPR, Moh Nizar Zahro - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi V DPR, Moh Nizar Zahro mengatakan Komite Keselamatan Konstruksi yang baru saja dibentuk pemerintah harus segera bekerja menyelidiki penyebab longsornya underpass di kawasan Bandara Soekarno-Hatta pada Senin (5/2/2018).

"Itu menjadi tugas dari Komite Keselamatan Konstruksi, karena kita tahu sudah dibentuk oleh Menteri PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat)," kata Nizar kepada INILAHCOM, Selasa (6/2/2018).

Anggota Fraksi Partai Gerindra ini menjelaskan Komite Keselamatan Konstruksi harus mengaudit secara menyeluruh, karena diduga tingkat kualitas beton yang dipasang belum mencapai batasan umur yang ditentukan oleh fisik.

"Kan semestinya diatas 21 hari, mungkin itu yang menyebabkan longsor sehingga nanti hasil audit dari Ketua Komite Keselamatan Konstruksi itu disampaikan. Jadi biar fair dan adil," ujarnya.

Menurut dia, pihaknya juga nanti akan memanggil Ketua Komite Keselamatan Konstruksi agar mengaudit seluruh proyek-proyek pemerintah karena belakangan sering terjadi ambruk baik jembatan maupun crane jatuh.

"Karena tugas komite itu pertama mengaudit sisi perencanaannya, audit sisi pelaksanaannya dan audit hasil dari pelaksanaan itu. Apakah sesuai perencanaan dan pelaksanaan, bilamana nanti ditemukan perencanaan dan pelaksanaan tidak sesuai. Maka nanti bisa ditolak dan tidak dibayar pemerintah," jelas dia.

Untuk diketahui, underpass di kawasan Bandara Soekarno-Hatta mengalami longsor pada Senin (5/2/2018). Akibatnya, ada beberapa orang menjadi korban dan satu orang meninggal dunia.

Kemudian, alat berat proyek double double track (DDT) atau crane di Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur juga ambruk hingga menewaskan empat orang pekerja.[ris]

Komentar

 
Embed Widget

x