Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 26 Februari 2018 | 02:41 WIB
 

SBY: This IS My War

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Selasa, 6 Februari 2018 | 20:21 WIB
SBY: <i>This IS My War</i>
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Mantan Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono merespon pernyataan kubu Setya Novanto yang menuduh dirinya terlibat dalam kasus korupsi e-KTP.

SBY juga membantah tudingan Novanto dalam catatan bukunya soal keterlibatan putra SBY, Ibas.


"Kemudian kemarin ada kasus Setya Novanto seperti memamerkan buku catatannya, yang setelah kita putar (bukunya), berkali-kali juga, aneh, pura-pura tidak disengaja, tapi segera diambil oleh sejumlah media online, dipergunjingkan oleh masyarakat secara luas," kata SBY di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Selasa (6/2/2018).

SBY secara terang-terangan membantah keras tudingan yang mengarah kepadanya, putranya atau bahkan Partai Demokrat. Dia menilai catatan buku Novanto yang dibuka di persidangan memang untuk menjatuhkan nama dirinya.

"Ini perang saya, this is my war, perang untuk keadilan yang penting, bantu saya dengan doa, mohon pada Allah diberi kekuatan," tegas SBY.

Terkait Ibas yang disebut juga dalam persidangan Setya Novanto, SBY menyerahkan hak hukum kepada Ibas untuk menentukan sikap terkait tuduhan keterlibatannya di kasus korupsi e-KTP.

"SBY akan menggunakan sendiri hak hukumnya, dia juga warga negara, juga terlalu banyak fitnah yang dia alami, mari kita berikan juga jalan bagi Edhie untuk mendapat keadilannya," kata SBY.

SBY menyebut Firman sengaja mengarahkan tuduhan kepada dirinya. SBY juga menggambarkan bagaimana dalam persidangan Novanto terdapat percakapan antara pengacara dan saksi. SBY menilai percakapan itu aneh dan keluar dari konteks.

"Firman Wijaya memberikan pernyataan yang kita pelajari seperti diarahkan, menuduh saya sebagai orang besar, sebagai penguasa, yang melakukan intervensi sebagai pengadaan e-KTP," ucap SBY.

SBY resmi melaporkan Pengacara Setya Novanto, Firman Wijaya. Laporan tersebut dengan No: LP/187/II/2018/Bareskrim/Tanggal 6 Februari 2018. Pasal yang dilaporkan SBY atas Firman ialah Pasal 310 dan Pasal 311 KUHP tentang fitnah dan pencemaran nama baik. [ton]

Komentar

 
Embed Widget

x