Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 Agustus 2018 | 08:16 WIB

Jatim Saat Ini Masuk Musim Hujan

Oleh : - | Selasa, 6 Februari 2018 | 20:13 WIB
Jatim Saat Ini Masuk Musim Hujan
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Sidoarjo - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda menyatakan sebagian wilayah Provinsi Jawa Timur saat ini memasuki puncak musim hujan menyusul tingginya intensitas hujan di sejumlah wilayah daerah ini.

Kepala Kelompok Prakirawan BMKG Juanda Teguh Tri Susanto mengatakan, saat ini sejumlah tempat di wilayah Jawa Timur sudah terjadi puncak musim hujan.

"Indikatornya adalah curah hujan yang terjadi hampir menyeluruh di wilayah Jawa Timur dengan intensitas yang tinggi dan juga dengan waktu yang konstan," ujarnya saat dikonfirmasi di Sidoarjo, Selasa (6/2/2018).

Ia mengemukakan, wilayah di Jawa Timur yang mengalami puncak musim hujan ini di antaranya adalah di Jawa Timur bagian tengah seperti di Madiun, Nganjuk, Jombang, dan Mojokerto.

"Selain itu juga ada di wilayah Sidoarjo, Surabaya, Bangkalan, Sampang dan juga Pamekasan," katanya.

Ia menjelaskan, untuk puncak musim hujan ini yang perlu diwaspadai adalah terjadinya tanah longsor dan banjir mengingat curah hujan yang cukup tinggi.

"Kondisi ini berbeda dengan terjadinya awal musim hujan dan akhir musim hujan dimana hujan terjadi dengan intensitas yang tidak begitu tinggi tetapi juga disertai dengan adanya puting beling atau juga angin kencang," katanya.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya selalu berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait termasuk dengan dunia penerbangan yang ada di wilayah Bandara Internasional Juanda Surabaya ini.

"Kalau untuk wilayah dk Bandara Internasional Juanda Surabaya ini kami memperbarui setiap 30 menit sekali," katanya.[tar]

Tags

Komentar

x