Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 Agustus 2018 | 08:14 WIB

Begini Pengakuan Sang Ayah Bocah Argentina

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Selasa, 6 Februari 2018 | 19:02 WIB
Begini Pengakuan Sang Ayah Bocah Argentina
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ayah Alum, Jorge Gabriel Langone mengakui kesalahannya karena telah membawa anaknya, Alum (7) tanpa sepengetahuan mantan Istrinya, Elizabeth.

Polres Tana Toraja yang menemukan Alum, Ayah dan pacar ayahnya sempat memintai keterangan kepada ayah Alum, Jorge. Menurut Jorge, Alum mengaku tak nyaman berada di dekat mantan istrinya meski hak asuh anak didapat oleh mantan istrinya saat perceraian di pengadilan Argentina.

"Versinya ayah Alum (Jorge) dengan latar belakang bahwa yang bersangkutan pernah bercerai dengan istrinya (Elizabeth) dan keputusan pengadilan sana bahwa hak asuh anak didapat oleh istrinya," ujar Kapolres Tana Toraja AKBP Julianto P Sirait saat dihubungi INILAHCOM, Selasa (6/2/2018).

Dia mengatakan, dari pengakuan Alum sendiri merasa senang diajak oleh sang ayah, karena dirinya tak menyukai sikap sang ibu kandungnya.

"Tetapi hasil pembicaraan dengan Alum, bahwa Alum merasa tidak suka (dengan ibunya), tidak dihargai, saya mau pergi dengan ayah saya saja. Kalau saya boleh memilih, pak polisi tolong biarlah saya dekat dengan ayah saya," ujar Julianto menirukan ucapan Jorge, Ayah Alum.

Julianto juga bertanya kepada Alum sudah berapa lama mereka berada di wilayah Toraja. Hasil pengakuan Alum yang pandai berbahasa Inggris, ketiga berada di Toraja sudah dua hari.

"Sekitar 1 bulan, dari Argentina ke Bolivia ke Kuala lumpur lalu ke Batam, dan Toraja. Dia di Toraja baru dua hari. Mereka dibantu sama warga sini untuk makan karena kehabisan uang," tandasnya.

Alum, Ayah dan pacarnya diketahui keberadaannya oleh Polisi berdasarkan keterangan masyarakat sekitar. Masyarakat tersebut menampung ketiganya karena sudah tak mempunyai uang. Alum ditemukan Selasa (6/2/2018) pagi sekitar pukul 09.00 WITA.

"Ketiga orang Argentina ini diinapkan di salah satu rumah penduduk. Karena merasa iba, karena bapaknya ini tidak punya uang sedikit pun, sehingga mereka menampung," ujarnya.

Ketiga WNA tersebut saat ini dibawa ke Polda Sulawesi Selatan untuk dimintai keterangan. Selanjutnya, mereka akan diserahkan ke Kedutaan Besar Argentina yang sudah terbang menuju Makassar, Sulawesi Selatan.

Alum diketahui hilang sejak Juni 2017. Dikutip dari The Star, Jumat (2/2/2018), cerita hilangnya Alum berawal saat Alum dibawa pergi oleh mantan suami Elizabeth, Jorge Langone (41), bersama teman wanitanya pada 2017 lalu ke luar Argentina.

Elizabeth menyebut Jorge yang merupakan seorang musisi disebut membawa Alum ke Bolivia dan kemudian ke Malaysia. Pada 24 Januari 2018, Elizabeth menyampaikan konferensi pers difasilitasi oleh Kedutaan Besar Malaysia.

Menurut Kedubes Argentina untuk Malaysia, Manuel Balaguer Salas, ketiganya diketahui memasuki Malaysia melalui perbatasan Johor. Ketiganya terakhir kali terlihat di Malaysia di daerah Kuala Pilah pada Desember 2017.

Masih menurut The Star, seorang penduduk Kuala Pilah menyatakan Jorge mengaku mereka adalah keluarga yang berasal dari Spanyol. Bahkan Alum sempat menjadi murid taman kanak-kanak selama 10 hari.

Warga lainnya menyebut Jorge sempat juga bekerja paruh waktu di sebuah bar di Mersing, Malaysia.

Sekitar seminggu setelah Elizabeth menyampaikan konferensi pers di Malaysia, beredar informasi mengenai hilangnya Alum yang disebut terakhir kali terlihat di Jakarta, Indonesia.

Informasi kehilangan disampaikan akun Twitter Dinas Sosial DKI Jakarta @dinsosDKI1, Kamis (1/2) dan dilihat detikom, Jumat (2/2). Barang siapa menemukan informasi terkait Alum dipersilakan menghubungi Kedutaan Besar Argentina di Jakarta.[jat]

Komentar

x