Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 22 September 2018 | 01:44 WIB

Ini Kronologi Penemuan Bocah Argentina di Toraja

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Selasa, 6 Februari 2018 | 17:05 WIB

Berita Terkait

Ini Kronologi Penemuan Bocah Argentina di Toraja
(Foto: inilahcom/Dok)

INILAHCOM, Jakarta - Alum, bocah Argentina berusia 7 tahun yang dikabarkan hilang dan berada di Indonesia akhirnya ditemukan. Alum bersama ayah kandung dan pacara ayahnya ditemukan di daerah Toraja, Sulawesi Selatan.

Kapolres Tana Toraja AKBP Julianto yang terjun langsung ke lokasi mengatakan Alum ditemukan bersama ayah dan pacar ayahnya disebuah perkampungan di Toraja Utara. Saat ditemukan, ketiga sedang makan bersama warga kampung tersebut.

"Iya benar Polres Tana Toraja berhasil menemukan anak tersebut (Alum) yang ditemani oleh ayah kandung bernama Jorge Langone dan pasangan nya bernama Candela Gutierrez bertempat di Wisma Sallebayu Restaurant & Bungalows Kelurahan Panta'nakan lolo kecamatan Kesu kabupaten Toraja Utara," ujar Julianto saat dihubungi INILAHCOM, Selasa (6/2/2018).

Julianto mengatakan saat ditemukan, ketiganya sedang makan bersama warga Kesu, Toraja Utara. Mereka juga tak melawan saat polisi menemukannya.

"Posisinya lagi makan karena yang bersangkutan ditolong oleh warga Toraja karena dia di kampung ngga punya uang sama sekali. Posisi mereka sehat, tidak ada perlawanan dari yang bersangkutan," kata Julianto.

Saat ini ketiga WNA asal Argentina tersebut dalam perjalanan menuju ke Makassar. Julianto mengatakan ketiga akan terlebih dahulu diperiksa sebelum diserahkan ke Keduataan Besar Argentina yang berada di Jakarta.

Sebelumnya, Polri telah menerima dua red notice dari Interpol terkait hilangnya Alum (7), bocah Argentina yang dikabarkan hilang dan berada di Indonesia. Alum diduga dibawa kabur oleh Ayah dan pacar ayahnya.

"Kami (Polri) mendapatkan dua ya, satu yellow notice itu untuk anak tersebut yang umur 7 tahun. Yang kedua ada red notice untuk orang tua yang patut diduga telah melarikan anaknya. Kemudian yang kedua itu terkait dengan red notice, tersangka yaitu seorang pria, ayahnya dan kemudian seorang wanita," jelas Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (5/2/2018).

Alum diketahui hilang sejak Juni 2017. Dikutip dari The Star, Jumat (2/2/2018), cerita hilangnya Alum berawal saat Alum dibawa pergi oleh mantan suami Elizabeth, Jorge Langone (41), bersama teman wanitanya pada 2017 lalu ke luar Argentina.

Elizabeth menyebut Jorge yang merupakan seorang musisi disebut membawa Alum ke Bolivia dan kemudian ke Malaysia. Pada 24 Januari 2018, Elizabeth menyampaikan konferensi pers difasilitasi oleh Kedutaan Besar Malaysia.

Menurut Kedubes Argentina untuk Malaysia, Manuel Balaguer Salas, ketiganya diketahui memasuki Malaysia melalui perbatasan Johor. Ketiganya terakhir kali terlihat di Malaysia di daerah Kuala Pilah pada Desember 2017.

Masih menurut The Star, seorang penduduk Kuala Pilah menyatakan Jorge mengaku mereka adalah keluarga yang berasal dari Spanyol. Bahkan Alum sempat menjadi murid taman kanak-kanak selama 10 hari.

Warga lainnya menyebut Jorge sempat juga bekerja paruh waktu di sebuah bar di Mersing, Malaysia.

Sekitar seminggu setelah Elizabeth menyampaikan konferensi pers di Malaysia, beredar informasi mengenai hilangnya Alum yang disebut terakhir kali terlihat di Jakarta, Indonesia.

Informasi kehilangan disampaikan akun Twitter Dinas Sosial DKI Jakarta @dinsosDKI1, Kamis (1/2) dan dilihat detikom, Jumat (2/2). Barang siapa menemukan informasi terkait Alum dipersilakan menghubungi Kedutaan Besar Argentina di Jakarta.[jat]

Komentar

x