Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 Agustus 2018 | 07:42 WIB

Polri Nilai Pelibatan TNI Amankan Demo Sesuai UU

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Selasa, 6 Februari 2018 | 15:00 WIB
Polri Nilai Pelibatan TNI Amankan Demo Sesuai UU
Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Mohammad Iqbal - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Polri mengatakan dikerahkannya TNI untuk membantu Polri dalam pengamanan aksi unjuk rasa sudah sesuai dengan Undang-undang.

"Harus dijelaskan dulu juga kami meminta bantuan kepada TNI. Coba lihat unjuk rasa di Istana, Monas, di mana-mana. Kami minta bantuan, tidak ada kan Polri sendiri," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Mohammad Iqbal, kepada wartawan di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (6/2/2018).

Iqbal menjelaskan, bentuk kerjasama yang ditandatangani oleh Kapolri dan Panglima TNI pada 23 Januari 2018 yakni untuk melanjutkan atau memperbaruhi MoU yang sudah habis masa kerjanya.

Dalam MoU itu juga dipertegas bahwa TNI dilibatkan dalam pengamanan demo yang berpotensi ricuh atau massa yang membludak.

"Memang dari dulu gitu (TNI membantu pengamanan), apalagi (jika) eskalasinya meningkat, ancamannya sudah dikalkulasi oleh Polri sehingga Polri meminta bantuan. Itu sudah diatur oleh undang-undang. Kemarin ada MoU itu hanya memperbaharui MoU yang sudah selesai. Isinya sama saja," jelas Iqbal.

Keterlibatan TNI dalam operasi atau pengamanan oleh Porli diantaranya Operasi Tinombala di Poso Sulawesi Tenggara, pembebasan sandera KKB di Mimika, Papua dan pengamanan pilkada.[jat]

Tags

Komentar

x