Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 15 November 2018 | 16:38 WIB

Cegah OTT Kader Terulang, Golkar Harus Gandeng KPK

Oleh : Ivan Setyadi | Selasa, 6 Februari 2018 | 07:15 WIB

Berita Terkait

Cegah OTT Kader Terulang, Golkar Harus Gandeng KPK
Pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing menyarankan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal itu disampaikan Emrus menyusul ditangkapnya Ketua DPD Golkar Jawa Timur lewat Operasi Tangkap Tangan (OTT) minggu lalu. Menurut Emrus hal tersebut perlu dilakukan guna mewujudkan kepengurusan Golkar yang bersih sesuai slogan "Golkar Bersih" yang dibawa Airlangga.

"Airlangga berani tidak minta KPK, coba periksa dulu, ada enggak peluangnya berpotensi tersangka? Ini mau memilih pengurus, bagus sekali kalau itu dilakukan," ujar Emrus kepada INILAHCOM, Senin (5/2/2018).

Selain itu, Airlangga disarankan agar mewajibakan seluruh pengurus Golkar yang dipilihnya untuk menandatangani pakta integritas tidak akan bertindak korupsi dan akan mundur dari jabatannya bila menjadi tersangka kasus korupsi.

Dengan dua langkah ini, Emrus menilai penting dilakukan Airlannga untuk membuat reformasi dan memperbaiki citra Golkar di hadapan publik.

Lebih jauh pengamat politik ini menyarakan pula, bahwa generasi muda yang bersih dan berani dan mumpuni cenderung mempunyai semangat yang kuat serta mobilitasnya yang tinggi, sehingga dapat dengan cepat melakukan konsolidasi dan rebranding Golkar.

"Yang memenuhi syarat bersih, Golkar membawa branding bersih dan branding bersih merupakan suatu kemutlakan," katanya.

Komentar

x