Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 26 Mei 2018 | 13:21 WIB
 

Artis Jadi Kepala Daerah, Bertaruh Integritas

Oleh : Happy Karundeng | Minggu, 4 Februari 2018 | 06:03 WIB
Artis Jadi Kepala Daerah, Bertaruh Integritas
Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menilai ditetapkannya Gubernur Jambi Zumi Zola jadi bukti banyaknya kendala yang bisa dihadapi artis saat meminpin suatu daerah. Salah satu kendala yang akan dihadapi adalah soal pertaruhan integritas.

"Kepala daerah dari artis tentu ada yang berintegritas ada yang tidak. Namun ke depannya ini menjadi pelajaran berharga betapa pentingnya kredibilitas, kapasitas, integritas. Itu repotnya kalau artis jadi kepala daerah," katanya kepada INILAHCOM, Sabtu (3/2/2018).


Ia menjelaskan salah satu alasan integeritas artis sebagai kepala daerah dipertanyakan, karena tidak bisa menyesuaikan dengan ritme kerja aparatur sipil negara.

"Kadang kadang sulit menyesuaikan dengan ritme kerja abdi negara, terbiasa hidup bermewah mewah, dilayani, duit banyak, begitu jadi pejabat harus melayani dan turun ke desa desa, blusukan," ulasnya.


Diberitakan sebelumnya, Komisi Peberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Gubernur Jambi, Zumi Zola, sebagai tersangka kasus dugaan gratifikasi senilai Rp 6 miliyar.

Mantan artis ini diduga kuat menerima gratifikasi dari sejumlah pengusaha berkaitan dengan proyek-proyek di wilayahnya dalam kurun waktu menjabat sebagai Gubernur Jambi.

Selain Zumi Zola, KPK juga menetapkan tersangka ARN yang merupakan pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Jambi.

"Tersangka ZZ baik ARN maupun sendiri diduga menerima hadiah atau janji terkait proyek-proyek di Provinsi Jambi dan penerimaan lain dalam kurun waktu sebagai gubernur Jambi 2016-2021, jumlahnya sekitar Rp 6 miliar," ujar Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan, saat jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (2/2/2018). [hpy]

Komentar

 
Embed Widget

x